Sukses

Lebih Baik Bayar Utang Dahulu Atau Siapkan Dana Darurat?

Bila Anda ingin melunasi utang bunga tinggi namun uang yang ada hanya pas-pasan kadang membuat bingung.

Liputan6.com, Jakarta - Tips dan nasihat soal keuangan dapat membantu seseorang untuk mengelola keuangan. Akan tetapi, kadang bisa membuat bingung bagaimana mengatur keuangan.

Nasihat soal keuangan menyatakan Anda harus terlebih dahulu membayar utang yang berbunga tinggi terutama utang kartu kredit. Bahkan sebaiknya cepat untuk melunasi utang tersebut.

Selain itu, Anda juga seharusnya menabung dana darurat yang dapat digunakan untuk keperluan mendadak dan lainnya. Akan tetapi, bagaimana kalau Anda hanya punya uang pas-pasan jadi memilih salah satu antara melunasi utang dan menabung dana darurat.

Anda ingin melunasi utang bunga tinggi itu mengingat itu sama dengan menabung untuk dana darurat. Meski demikian, pendekatan lebih baik menggunakan sejumlah tabungan untuk melunasi sebagian dari utang Anda, sambil tetap menyimpan dana tabungan. Demikian mengutip laman Wisebread, yang ditulis Rabu (31/5/2017).

Dana darurat dapat bantu Anda hindari utang

Mengutip laman Wisebread, mengosongkan semua tabungan Anda untuk melunasi utang kartu kredit Anda mungkin terasa baik. Akan tetapi memiliki dana darurat adalah kunci untuk menghindari lebih banyak bunga utang tinggi di masa depan.

Sejumlah pihak ada yang merekomendasikan sebaiknya memiliki dana darurat yang cukup besar untuk menutupi biaya hidup sehari-hari tiga hingga enam bulan tapi itu hanya minimum. Dana darurat yang bisa menutupi biaya hidup sehari-hari lebih baik.

Anda mungkin tidak menyadari seberapa buruk membutuhkan uang cadangan hingga keadaan darurat muncul. Misalkan memperbaiki atap yang bocor. Tanpa tabungan, Anda mungkin akan beralih ambil utang untuk membayar perbaikan atap. Sekarang Anda harus membayar bunga untuk perbaikan atap.

Pendekatan untuk bayar utang berbunga tinggi

Anda bisa menggunakan tabungan untuk membantu melunasi utang misalkan kartu kredit. Namun kuncinya adalah hanya menggunakan sebagian uang, sehingga tidak kuras tabungan seluruhnya. Ada sejumlah metode untuk melunasi utang terutama utang bunga tinggi. Pertama yaitu metode avalanche dan snow ball.

Dalam metode avalanche, Anda terlebih dahulu membayar sebanyak yang Anda bisa bayar setiap bulan untuk kartu kredit Anda terutama dengan tingkat bunga tertinggi, dan melakukan pembayaran minimum pada kartu kredit yang lain.
Setelah Anda melunasi kartu kredit dengan bunga tertinggi, Anda mulai membayar lebih besar pada kartu dengan bunga tertinggi berikutnya. Ini dilakukan hingga Anda melunasi semua kartu.

Anda juga bisa mencoba metode snow ball. Anda fokus untuk melunasi kartu kredit dengan saldo terkecil untuk pertama kali. Selain itu melakukan pembayaran minimum setiap bulan pada kartu yang lain. Setelah melunasi utang terkecil Anda maka beralih ke kartu kredit dengan saldo terkecil berikutnya hingga Anda melunasi semua utang.

Pilihlah pendekatan paling sesuai untuk Anda untuk melunasi utang terutama kartu kredit. Akan tetapi, ingat untuk tidak terlalu menguras tabungan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.