Sukses

Kisah Jatuh Bangun Mark Zuckerberg Membangun Facebook

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Situs jejaring sosial yang memiliki hampir dua miliar pengguna selama periode 13 tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Facebook? Situs jejaring sosial yang memiliki hampir dua miliar pengguna selama periode 13 tahun ini terus meningkatkan pelayanan, seperti membawa akses internet ke seluruh belahan dunia yang belum terjangkau.

Mark Zuckerberg merupakan tokoh penting di balik berdirinya Facebook. Ia memiliki kendali penuh atas masa depan jejaring sosial tersebut. Pria berusia 33 tahun ini telah sejajar dengan  orang-orang terkaya di dunia, seperti Jeff Bezos  yang merupakan CEO Amazon, Bill Gates  pendiri Microsoft dan Warren Buffet investor pasar modal nomor satu di dunia.

Zuckerberg bersama istrinya, Priscilla Chan telah berkomitmen untuk mendonasikan 99 persen kekayaannya sebelum ia meninggal dunia. Selama ini, ia sendiri sudah menyumbang jutaan dolar untuk dunia pendidikan dan telah menjanjikan miliaran dolar untuk membantu menyembuhkan penyakit di dunia.

Melansir laman businessinsider.in, Minggu (4/6/2017), berikut adalah beberapa kisah kehidupan Mark Zuckerberg:

1. Meskipun miliarder, Zuckerberg tetap tampil sangat sederhana. Kantor yang tertutup oleh dinding kaca merupakan tempatnya untuk mengadakan sesi tanya-jawab dengan ribuan karyawan Facebook.

2. Pidato Zuckerberg penuh semangat dan emosional. Ia menyentuh berbagai topik yang dibebankan secara politis, termasuk perubahan iklim, pendapatan dasar universal, reformasi peradilan pidana, dan modernisasi demokrasi dengan mengizinkan orang memilih secara online.

3. Pada Mei 2017, Zuckerberg kembali ke almamaternya, Harvard, sebagai pembicara termuda yang pernah ada. Ia bahkan juga menerima gelar Doktor Kehormatan.

4. Zuckerberg selalu bersemangat dengan isu-isu politik. Ia bahkan menorehkan retorika secara signifikan saat Donald Trump terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Ia merupakan salah satu CEO teknologi pertama yang mengecam perintah eksekutif awal Trump untuk melarang orang-orang dari negara-negara Muslim memasuki AS.

5. Ia mengejutkan keluarga pemilih Trump di Ohio dengan tampil untuk makan malam. Keluarga tersebut tidak diberi tahu siapa pengunjung misteri mereka sampai 15 menit sebelum ia tiba bersama rombongan dan pengawalnya.

6. Untuk 2017, tujuannya adalah mengunjungi setiap negara bagian AS. Perhentiannya telah memicu spekulasi bahwa ia memiliki rencana untuk mencalonkan diri sebagai presiden suatu hari nanti, yang telah ditolaknya.

7. Zuckerberg memberi dirinya tantangan pribadi setiap tahun. Dalam satu tahun, ia hanya makan daging yang ia bunuh sendiri, dan selama satu tahun ia berlari sejauh 365 mil.

8. Zuckerberg memperkenalkan konferensi pengembang tahunan Facebook setiap tahun, di mana ia memberikan update tentang roadmap perusahaan. Sebelum konferensi menarik ribuan peserta, Zuck akan hadir dengan sandal jepit.

9. Pada Mei 2017, Priscilla Chan dan Zuckerberg mengumumkan bahwa mereka memiliki bayi lagi.

10. Zuckerberg dan Chan juga memiliki banyak teman di dunia teknologi. Pada Agustus 2016, mereka menghadiri pernikahan CEO Spotify, Daniel Ek di Lake Como, Italia.

Membeli rumah

11. Selain selebriti teknologi lainnya, Zuckerberg sering bertemu dengan orang penting lainnya, seperti Presiden Brasil, Dilma Rousseff.

12. Zuckerberg tidak selalu bisa mendapatkan apa yang ia inginkan, seperti saat ia mencoba membeli Snapchat seharga US$ 3 miliar atau Rp 40,15 triliun (US$ 1=Rp 13.385) pada tahun 2013. Tawaran tersebut ditolak oleh CEO Evan Spiegel.

13. Zuck juga tidak takut mengeluarkan uang dari Facebook. Perusahaan memiliki beberapa akuisisi besar di bawah ikat pinggangnya, termasuk US$ 1 miliar atau Rp 13,38 triliun untuk Instagram, US$ 19 miliar atau Rp 254,31 triliun untuk WhatsApp, dan US$ 2 miliar atau Rp 26,77 triliun untuk Oculus.

14. Selama renovasi, ia diduga mempekerjakan orang untuk duduk di mobil yang diparkir di dekat rumah pada malam hari untuk menghemat tempat parkir bagi pekerja konstruksi.

15. Ia juga membeli rumah seharga US$ 10 juta atau Rp 133,85 miliar di San Francisco, dan kemudian menghabiskan lebih dari US$ 1 juta atau Rp 13,38 miliar untuk renovasi dan penambahan (seperti rumah kaca seharga US$ 60 ribu atau Rp 803,1 juta).

16. Di Palo Alto, Zuckerberg menghabiskan lebih dari US$ 45 juta atau Rp 602,32 miliar untuk membeli rumah seluas 5 ribu kaki persegi beserta semua tanah dan bangunan lainnya di sekitarnya.

17. Pada Oktober 2014, ia menghabiskan sekitar US$ 100 juta atau Rp 1,33 triliun untuk 750 hektar lahan terpencil di pulau Hawai di Kauai. Ia membuat marah penduduk setempat dengan mencoba memaksa orang-orang yang memiliki sebidang tanah kecil yang ditaburkan di tanah miliknya. Ia kemudian menjatuhkan tuntutan hukumnya.

18. Seiring dengan filantropi, Zuckerberg suka menghabiskan uang untuk privasi.

19. Ia juga memiliki beberapa mobil lain, termasuk Acura TSX. Ia dilaporkan membayar supercar Pagani Huayra asal Italia, yang dimulai dengan harga US$ 1,3 juta atau Rp 17,4 miliar.

20. Alih-alih Tesla atau Ferrari, ia mengemudikan GTI Volkswagen hitam dengan transmisi manual, yang harganya sekitar US$ 30 ribu atau Rp 401,55 juta.

Memiliki anjing

21. Pada September 2016, Chan dan Zuckerberg menjanjikan US$ 3 miliar atau Rp 40,15 triliun untuk membantu menyembuhkan penyakit di dunia pada akhir abad ini. "Bisakah kita membantu ilmuwan untuk menyembuhkan, mencegah, atau mengelola semua penyakit dalam masa hidup anak-anak kita?" Zuckerberg menulis di Facebook, "Saya optimis bisa."

22. Bahkan sebelum mengumumkan usaha baru yang besar ini, ia dan Chan telah menyumbangkan US$ 1,6 miliar atau Rp 21,41 triliun untuk amal, termasuk sumbangan ke Rumah Sakit Umum San Francisco dan Pusat Pengendalian Penyakit.

23. Mereka juga mengumumkan rencana untuk menjual 99 persen saham Facebook Zuckerberg - senilai sekitar US$ 45 miliar atau Rp 602,32 triliun pada saat itu - untuk mendanai LCC baru yang disebut Inisiatif Chan Zuckerberg. Inisiatif ini akan menyalurkan uang ke hal-hal seperti pembelajaran pribadi, menyembuhkan penyakit, dan menghubungkan orang.

24. Pada 2015, ia dan Priscilla mengumumkan bahwa mereka telah melahirkan seorang gadis kecil yang bahagia dan sehat bernama Max. "Ada begitu banyak kegembiraan di keluarga kecil kami," tulis Zuckerberg di Facebook.

25. Chan dan Zuckerberg memiliki anjing gembala Hongaria yang menggemaskan bernama Beast.

26. Zuckerberg mempelajari bahasa Mandarin, dan bahasa Mandarinnya sangat bagus pada musim gugur 2014 sehingga ia berhasil mengadakan Q & A 30 menit dalam bahasa tersebut.

27. Chan dan Zuckerberg berbulan madu di Italia, terbang menggunakan jet pribadi, dan menginap di hotel bintang lima, Portrait Suites, di mana kamar mulai dari € 800 per malam. Paparazzi melihat pasangan itu makan di McDonald's saat berada di luar negeri.

28. Billie Joe Armstrong dari Green Day tampil di pesta pernikahan Chan dan Zuckerberg. Zuckerberg sendiri yang mendesain cincin rubi Chan.

29. Chan dan Zuckerberg terus berkencan sampai Facebook bangkit dan mereka menikah sehari setelah perusahaannya go public. Itu merupakan pernikahan kejutan. Bahkan, para tamu mengira mereka sedang merayakan pesta wisuda sekolah untuk Chan.

30. Zuckerberg melepas saham Facebook publik pada 18 Mei 2012. Dalam IPO mengumpulkan US$ 16 miliar atau Rp 214,16 triliun, menjadikan IPO sebagai teknologi terbesar dalam sejarah. Zuckerberg menjadi orang terkaya ke-29 di dunia dalam semalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.