Sukses

Yuk, Contek 10 Kebiasaan Hidup Hemat ala Miliarder Dunia

Hemat pangkal kaya! Sebuah peribahasa yang sepertinya tak pernah lapuk oleh zaman.

Liputan6.com, Jakarta - Hemat pangkal kaya! Sebuah peribahasa yang sepertinya tak pernah lapuk oleh zaman. Para miliarder saja hidup hemat, apalagi kita para rakyat jelata. Tentunya harus memiliki gaya hidup yang jauh lebih hemat lagi.

Jauh dari kesan mewah dan boros, para miliarder dunia ini memiliki lifestyle yang menginspirasi. Apa saja kebiasaan hidup hemat para miliarder dunia yang bisa kita contek?

Simak ulasannya seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Warren Buffett (CEO Berkshire Hathaway)

Pada tahun 1958, Warren membeli sebuah rumah di Omaha, Nebraska seharga US$ 21 ribu. Rumah ini tetap menjadi kediamannya meski telah memiliki kekayaan sebesar US$ 73 miliar. Dan satu lagi, mobil Cadillac masih menjadi kendaraan favoritnya.

2. Ingvar Kamprad (Pendiri IKEA)

Memiliki kekayaan berlimpah sekitar US$ 42,5 miliar, tak membuat Ingvar doyan hidup dalam kenyamaan. Dia suka naik angkutan umum seperti bus ataupun naik mobil tuanya. Bahkan tak jarang, ia terlihat tengah menyantap makan siang di kafetaria perusahaannya.  

3. Mark Zuckerberg (Pendiri & CEO Facebook)

Entah sudah berapa banyak orang yang terinspirasi kisah kesuksesan pendiri sekaligus CEO Facebook ini. Tak hanya itu, gaya hidupnya yang sederhana ini pun juga layak untuk dicontoh.

Meski memiliki kekayaan mencapai US$ 48,4 miliar, Mark selalu memilih pakaian sederhana berupa celana jeans dan kaos abu-abu. Kabarnya, Mark memiliki kaos abu-abu sebanyak 20 kaos.

Selain itu, untuk menunjang aktivitasnya, Ia memilih sedan Acura TSX yang dibanderol dengan harga US$ 30 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Michael Bloomberg

4. Michael Bloomberg (CEO Bloomberg L.P.)

Selama sepuluh tahun, Michael Bloomberg selalu memakai dua sepatu yang sama! Dibandingkan membeli sepatu yang baru, ia lebih memilih untuk memperbaiki sepatunya.

Jangan dikira ia tak berlimpahkan harta hingga harus memakai sepatu yang sama selama itu. Kekayaannya saja diperkirakan senilai US$ 40,3 miliar.

5. David Cheriton (Profesor di Universitas Standford)

Kekayaan David Cheriton diperkirakan senilai US$ 3,9 miliar saat mulai berinvestasi di Google. Namun, yang membuat merinding adalah gaya hidup hematnya yang bisa dibilang ekstrem.

Dia mengendarai sebuah mobil keluaran tahun 1986 dari Volkswagen Vanagon. Bahkan selama 15 tahun terakhir ia juga menggunting rambutnya sendiri.

6. T. Boone Pickens (CEO BP Capital)

Jutawan yang tak kalah ekstrem dalam berhemat adalah T. Boone Pickens yang masih memakai sepatu tua favoritnya. Sepatu itu dibelinya pada tahun 1957. Dan saat akan berbelanja, ia pasti membuat daftar belanjaan terlebih dahulu.

Sepertinya, pengalamannya bergulat dalam bisnis minyak mentah selama puluhan tahun membuatnya makin handal dalam mengatur keuangan. Pantas saja jika ia memiliki kekayaan senilai US$ 1,2 miliar.

 

3 dari 4 halaman

Azim Premji

 

7. Azim Premji (Pemimpin Perusahaan Wipro Limited)

Salah satu ciri utama dari seorang miliarder adalah hobi menginap di hotel bintang lima dengan fasilitas jempolan. Namun, Azim Premji berani tampil beda nih. Dia tak hobi menginap di hotel dengan tarif mahal.

Tak hanya soal hotel, sama juga soal berpesta. Kekayaannya yang mencapai $14,5 miliar tak membuatnya hobi bermewah-mewahan. Lihat saja piring kertas yang digunakan dalam pesta pernikahan anaknya. Super hemat kan?

8. Carlos Slim Helu (CEO Télefonos de México, Telcel, dan América Movil)

30 tahun silam, Carlos membeli sebuah rumah sederhana. Uniknya, meski ia telah memiliki pundi-pundi kekayaan sekitar US$ 49,6 miliar, ia tetap tinggal di rumah tersebut. Pengusaha asal Meksiko ini memang tampil secara eksentrik.

Dan jangan membayangkan bahwa kapal pesiar dan jet menjadi barang koleksinya ya. Karena saat harus bepergian, ia mengendari sendiri mobil lamanya tanpa sopir.

4 dari 4 halaman

Amancio Ortega

9. Amancio Ortega (Pendiri ZARA)

Ada yang nampak berbeda di kafetaria perusahaan ZARA. Yup, sang pendiri perusahan ZARA, Amancio Ortega, terlihat tengah makan siang bersama karyawaannya.

Hal seperti ini sudah menjadi pemandangan biasa di ZARA. Dan satu lagi yang membuatnnya begitu unik. Ia selalu terlihat memakai setelan kemaja putih yang dipadukan dengan blazer putih serta celana abu-abu. Perancang asal Spanyol dengan kekayaan berkisar US$ 72,8 miliar ini memang menginspirasi

10. Charlie Ergen (Pendiri & Pemimpin DISH Network)

Miliarder yang satu ini memilih hemat dalam hal makanan. Alih-alih makan di restoran kenamaan, Chalie Ergen memilih minuman berenergi dan sandwich dalam kesehariannya. Wah, kekayaan sebesar US$ 16,9 miliar tak membuatnya move-on dari sandwich ya? Salut!

Baca juga: Cara agar kita bisa jadi orang yang sukses di dunia modern seperti saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.