Sukses

Masih Berupa Beton, Tol Brebes-Weleri Bisa Dilalui Kendaraan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) akan memfungsikan Tol Brebres Timur sampai Weleri.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) akan memfungsikan Tol Brebes Timur sampai Weleri. Langkah ini ditempuh untuk mengurai kemacetan saat mudik Lebaran.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU-PR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, tol tersebut masih fungsional, artinya belum seutuhnya rampung. Supaya aman, tol tersebut lebih baik dilintasi dengan kecepatan 50 km per jam.

"50 km per jam dengan jalan berupa concrete beton," kata dia di Kementerian PU-PR Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Dia menuturkan, sebaiknya tol ini dilintasi pada siang hari. Namun, itu juga tergantung kepolisian yang mengatur arus mudik. "Paling nggak dijalankan siang. Tapi tergantung kepolisian," ujar dia.

Namun begitu, Herry mengatakan Kementerian PU-PR juga akan memasang pengaman yang sekaligus sebagai petunjuk lalu lintas di Tol Brebes Timur sampai Weleri tersebut.

"Kita bikin kiri kanan batas yang sifatnya spotlight sehingga bisa mengarahkan lalu lintas," ujar dia.

Sebagai tambahan, Tol Brebes Timur sampai Weleri ini belum bisa tembus Semarang lantaran masih ada lahan yang belum bebas. Pembebasan lahan sendiri baru rampung 15 Juni 2017 mendatang.

"Karena kan proses kita yang kita lakukan bersama dengan tanah, sementara Lebaran nggak bisa kita undur. Dan tanahnya belum bebas, proses eksekusi di bulan Juni tanggal 15 terlalu dekat Lebaran," tukas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.