Sukses

Cek Harga Pangan Sepanjang Pekan Pertama Ramadan

Harga cabai rawit merah terpantau naik jika dibandingkan dengan sebelum masuknya bulan puasa.

Liputan6.com, Jakarta Harga komoditas pangan di pasar tradisional di Jakarta cenderung stabil pada pekan pertama Ramadan. Meski demikian, harga cabai rawit merah terpantau naik jika dibandingkan sebelum masuknya bulan puasa.

Cahyani (41) pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan harga cabai rawit merah sebelumnya berkisar Rp 55 ribu per kilogram (kg), saat ini naik menjadi Rp 65 ribu-Rp 68 ribu per kg.

"Rata-rata stabil, belum ada perubahan. Yang lagi naik paling cabai rawit. Naik Rp 10 ribu per kg. Kalau yang bagus naiknya lebih dari segitu," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Namun demikian, ada juga komoditas pangan yang harganya turun, yaitu bawang merah dan tomat. Harga  kedua sayuran tersebut turun sebesar sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per kg.

"Kalau yang turun itu bawang merah. Waktu bawang putih naik, itu justru turun. Tomat juga sama. Biasanya kalau turun karena pasokannya ke Induk (Pasar Induk Kramat Jati) lagi banyak," dia menuturkan.

Sementara harga komoditas pangan lain seperti daging sapi cenderung tidak banyak berubah. Hingga saat ini di pasar tradisional, harga daging tersebut masih bertahan di angka Rp 110 ribu-Rp 120 ribu per kg.

"Daging dari dulu masih sama, enggak ada perubahan masih Rp 120 ribu, maksimal. Kalau pun turun juga enggak jauh, paling Rp 110 ribu. Enggak pernah sampai di bawah Rp 100 ribu," kata Roni (47), salah satu pedagang daging di Pasar Minggu.

Berikut daftar harga komoditas pangan di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com :

1. Cabai Rawit Merah
Komoditas pangan ini naik sebesar Rp 10 ribu. Jika sebelumnya dijual Rp 55 ribu per kg, saat ini berkisar Rp 65 ribu per kg. Kenaikan karena tingginya permintaan serta pasokan yang berkurang dari Pasar Induk Kramat Jati.

2. Cabai Merah Keriting, Cabai Rawit Hijau dan Cabai Merah Besar
Berbeda dengan rawit merah, ketiga jenis cabai ini cenderung stabil. Saat ini harga cabai merah keriting dibanderol Rp 23 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg, dan cabai merah besar Rp 35 ribu per kg.

3. Bawang Putih
Meski sempat melambung, harga komoditas pangan ini kini lebih stabil. Namun demikian, dengan harga yang berkisar Rp 50 ribu per kg, komoditas yang mayoritas berasal dari impor ini masih terlalu mahal. Harga normal dari bawang putih sebesar Rp 35 ribu per kg.

4. Bawang Merah
Komoditas pangan tersebut saat ini tengah mengalami penurunan. Bawang merah saat ini berkisar Rp 35 ribu, dari sebelumnya Rp 38 ribu-Rp 40 ribu.

5. Tomat
Sedangkan tomat dibanderol dengan harga Rp 10 ribu per kg, dari sebelumnya Rp 13 ribu per kg. Namun harga saat ini merupakan harga normal dari sayuran tersebut.

6. Daging Sapi
Sejak mengalami kenaikan hingga menembus angka di atas Rp 100 ribu, harga daging sapi hingga saat ini belum banyak berubah. Di pasar tradisional, daging tersebut dijual antara Rp 110 ribu-Rp 120 ribu per kg.

7. Daging Ayam, Usus dan Hati Ampela
Saat ini harga daging ayam relatif stabil, yaitu berada pada kisaran Rp 35 ribu per kg. Sementara untuk harga usus dibandrol Rp 18 ribu per kg dan hati ampela Rp 4.000 per pasang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.