Sukses

Tips Mudah Keluar dari Krisis Keuangan

Krisis keuangan bukanlah masalah yang tidak bisa diatasi. Anda tetap dapat memperbaiki krisis keuangan tersebut dengan cara-cara tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi keuangan yang sedang krisis bisa menjadi mimpi buruk bagi siapapun yang mengalaminya. Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa krisis keuangan dapat terjadi, salah satunya bisa  dikarenakan pengelolaan keuangan yang tidak tepat.

Namun krisis keuangan bukanlah masalah yang tidak bisa diatasi. Anda tetap dapat memperbaiki krisis keuangan tersebut dengan cara-cara tertentu.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba jika sedang mengalami krisis keuangan, seperti mengutip Cermati.com, Sabtu (3/6/2017):

1. Mengidentifikasi masalah

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi krisis keuangan yang sedang dialami adalah dengan mengidentifikasi masalah utama yang menjadi penyebab dari krisis keuangan ini.

Biasanya masalah keuangan dapat diindikasi dari masalah dalam skala besar sehingga membutuhkan solusi jangka panjang. Untuk itu, Anda harus mengidentifikasi penyebab dari masalah ini sebenarnya.

Pentingnya mengidentifikasi sebuah masalah adalah untuk mendapatkan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut secara permanen. Sehingga daripada terlalu fokus pada stres yang dialami, akan lebih baik bila anda fokus pada penyelesaian masalah keuangan yang sedang dialami.

2. Membuat rencana anggaran

Setelah mengetahui penyebab dari krisis keuangan yang dialami, mulailah untuk menyusun rencana anggaran. Anda bisa menyusunnya dalam waktu harian, mingguan, bahkan bulanan.

Anggaran keuangan yang dibuat bisa berdasarkan pada pengeluaran-pengeluaran penting sehari-harinya.

Pada saat membuat anggaran, akan sangat penting untuk mengetahui pengeluaran dalam satu bulan sehingga anda bisa lebih objektif untuk melihat di bagian manakah pengeluaran yang membengkak dan perlu diturunkan.

Dengan adanya rencana anggaran, anda juga bisa mencari di bagian mana anda dapat menyimpan uang.

3. Lunasi utangHal lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi krisis keuangan adalah mencoba untuk melunasi utang-utang yang dimiliki. Lakukan semua cara yang bisa dilakukan, namun hindari penggunaan kartu kredit dan pinjaman untuk melunasi utang-utang anda.

Anda bisa melunasi utang yang memiliki bunga tinggi terlebih dahulu agar tidak menambah beban keuangan.

4. Tetapkan prioritas keuangan

 

Tentukan prioritas keuangan ketika ingin mengatasi kondisi krisis keuangan yang sedang menimpa anda. Prioritas keuangan ini akan sangat membantu untuk mengambil keputusan yang sulit, misalnya saja melunasi utang, tagihan, menabung, dan lainnya.

Selain itu dengan menentukan prioritas keuangan, anda juga bisa mendapatkan kembali jalur keuangan yang lebih baik dari sebelumnya. Anda juga perlu menetapkan cara mendapatkan uang tambahan  untuk dimasukkan ke dalam prioritas keuangan.

5. Lakukan langkah-langkah kecil

Bagi sebagian orang, mengatasi kondisi krisis keuangan dapat dilakukan dengan mengurangi pengeluaran serta meningkatkan pendapatan. Namun tidak semua orang dapat melakukan hal ini dengan mudah.

Apalagi bagi mereka yang memang susah untuk merubah gaya hidup. Sehingga anda bisa mencoba mengatasi krisis keuangan dengan cara melakukan langkah-langkah kecil yang memiliki manfaat besar untuk mencapai tujuan anda.

6. Kembangkan rencana realistis

Setelah memiliki ide-ide untuk mengatasi kondisi keuangan yang bermasalah, saatnya untuk membuat rencana realistis untuk mencapai tujuan anda dalam periode yang sudah ditentukan. Jangan lupa untuk terus melacak kemajuan dari rencana tersebut secara rutin.

Setelah berada di jalan untuk mencapai ini, mungkin diperlukan waktu beberapa saat untuk melihat apakah hal tersebut mengalami kemajuan atau tidak. Cobalah untuk mengevaluasi dari rencana anda tersebut apakah sudah berjalan sesuai dengan tujuan atau tidak.

7. Jangan putus asa

Jangan mudah kehilangan kepercayaan diri serta jangan meragukan diri anda. Anggap saja kondisi keuangan yang sedang dialami ini merupakan akibat dari ekonomi yang sedang memburuk dan akan berubah sesuai dengan siklusnya.

Jangan Patah Semangat Dalam Mengatasi Masalah Keuangan Yang Ada

Kondisi keuangan yang memburuk bukanlah masalah besar yang perlu ditakutkan. Ada banyak cara untuk mengatasi krisis keuangan yang sedang dihadapi. Anda hanya perlu merencanakan solusi yang matang dan merealisasikannya segera, dan jangan ditunda-tunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.