Sukses

Mau Beli Properti di Luar Negeri? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Ketika memulai bisnis properti luar negeri, Anda akan membutuhkan lawyer yang dapat dipercaya untuk riset hukum dan aturan lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat digemari oleh investor di Indonesia. Alasannya, harga properti tidak pernah jatuh. imbal hasil pasif dari investasi properti bisa di atas 10 persen setiap tahun.

Maka tak heran jika masih banyak orang Indonesia yang membeli properti di berbagai daerah. Bahkan tak jarang, investor Indonesia juga membeli properti hingga ke luar negeri. 

Nah, jika Anda Anda berencana membeli properti di luar negeri dalam waktu dekat, ada beberapa faktor yang diketahui agar tidak salah memilih properti.

Bagi Anda yang ingin membeli properti di luar negeri berikut ini adalah beberapa tips membeli properti seperti dikutip dari portal properti global Lamudi, Minggu (4/6/2017):

Riset sebelum membeli

Ketika aset yang akan dibeli merupakan rumah tujuan liburan atau properti untuk disewakan, maka lokasi adalah hal yang sangat penting. Pastikan Anda sudah melihat secara langsung properti yang akan dibeli dan memperhatikan lingkungan sekitar.

Dalam hal menyewa, lakukan pula riset pasar untuk mengetahui pangsa penyewa yang cocok untuk Anda. Jika sudah, isi properti yang akan disewakan sesuai dengan hasil riset yang ada.

Cari penasihat hukum

Ketika memulai bisnis properti luar negeri, Anda akan membutuhkan pengacara atau penasihat hukum yang dapat dipercaya untuk riset hukum dan aturan mengenai kepemilikan properti di negara yang Anda pilih.

Disarankan untuk memilih lawyer lokal terbaik yang memang sudah familiar dengan hukum di negara tersebut. Jika Anda tidak bisa berbicara dalam bahasa negara tempat Anda akan investasi, disarankan pula untuk menyewa penerjemah untuk memuluskan rencana Anda.

Cari manager properti

Menyewakan properti Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan. Meski begitu, agar pengalaman menyewakan properti dalam jangka waktu menengah atau panjang bisa berhasil, Anda tentu membutuhkan bantuan orang lain.

Pertimbangkan untuk menyewa jasa manajer properti untuk pengelolaan dan rental agent untuk memastikan properti Anda selalu tersewa. Jika Anda bisa menemukan orang yang profesional dalam bidang tersebut, tentu itu akan sangat memudahkan.

Tentukan harga yang sesuai dan margin keuntungan Anda. Dengan riset melalui portal properti online, Anda bisa menemukan contoh properti yang disewakan di area tujuan wisata misalnya Sri Lanka, Indonesia, dan Filipina.

Cari tahu kontak darurat

Entah Anda akan menyewakan atau tidak properti milik Anda, sangat penting untuk memiliki kontak yang bisa dihubungi saat darurat.

Pertimbangkan untuk meminta kontak tetangga atau siapapun yang bisa diandalkan. Jika tidak memiliki tetangga, Anda bisa menyewa agen untuk mengecek keadaan properti Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.