Sukses

Unik, Perusahaan Ini Pelihara Kucing untuk Atasi Stres Kerja

Kucing-kucing itu bebas berkeliaran di area kantor, bahkan karyawannya diperbolehkan untuk bercengkrama dengan hewan berkaki empat itu.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap perusahaan memiliki cara tersendiri agar pegawainya bisa terus bersemangat ketika bekerja. Tak jarang, peraturan unik pun diberlakukan seperti halnya perusahaan asal Jepang satu ini. Demi bisa meningkatkan semangat karyawan, perusahaan tersebut memelihara hewan peliharaan di kantor.

Perusahaan teknologi bernama Ferray di Tokyo memelihara kucing di kantor mereka. Kucing-kucing itu bebas berkeliaran di area kantor, bahkan para karyawan diperbolehkan untuk sesekali bercengkrama dengan hewan berkaki empat itu.

Kebijakan tersebut mulai diberlakukan perusahaan ini sejak tahun 2000 silam. Melansir Nipponnews, Rabu (5/6/2017), bos perusahaan, Hidenobu Fukuda, mengatakan awalnya hal ini dilakukan karena permintaan salah seorang pegawai yang ingin membawa hewan peliharaan ke kantor.

Peraturan itu terus diberlakukan, bahkan Fukuda memberi tambahan insentif bagi pegawai yang bersedia mengadopsi kucing yang ada.

"Saya juga memberikan insentif tambahan 5000 yen per bulan untuk mereka yang mau mengadopsi seekor kucing," ujar Fukuda.

Menurut dia, cara itu sangat efektif untuk menurunkan tingkat stres karyawan dalam menghadapi tekanan kerja. Para pegawainya pun tampak lebih santai saat berada di lingkungan kerja dan tidak tegang.

Membawa binatang peliharaan terbukti juga meningkatkan hubungan antar rekan kerja yang sesama pecinta hewan.

Tak disangka, peraturan ini ternyata banyak diikuti oleh perusahaan Jepang yang lain. Meski begitu, ada juga kerugian yang dirasakan Fukuda saat memelihara kucing di kantor.

"Kadang kucing akan berjalan di telepon dan memotong pembicaraan, atau mematikan komputer dengan menginjak tombol off," ungkapnya.

Selain Ferray, perusahaan internasional di negara lain juga ada yang memperbolehkan karyawannya membawa hewan peliharaan saat bekerja.

Karyawan perusahaan jasa profesional global Accenture di Kosta Rika misalnya. Dalam satu hari perusahaan menawarkan kepada karyawan mereka untuk bekerja dengan membawa hewan peliharaannya.

Sebuah perusahaan internet marketing di Shanghai China juga berusaha menghilangkan stres para karyawan dengan mengizinkan mereka membawa hewan peliharaan ke kantor setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.