Sukses

8 Fasilitas Unik yang Ditawarkan Perusahaan ke Karyawan

Sejumlah perusahaan dunia menawarkan fasilitas terlampau unik bahkan cenderung aneh bagi para karyawannya.

Liputan6.com, Jakarta - Apa saja fasilitas yang ditawarkan perusahaan tempat Anda bekerja? Apakah perumahan dinas, mobil kantor, atau gym?

Kebanyakan perusahaan-perusahaan besar biasanya menawarkan fasilitas tersebut. Ada juga perusahaan yang punya fasilitas unik seperti ruang nonton, ruang main game, atau salon.

Pada kenyataannya, ada perusahaan-perusahaan dunia yang menawarkan fasilitas terlampau unik bahkan cenderung aneh bagi para karyawannya. Berikut daftarnya seperti dikutip dari Cekaja.com:

1. Pembekuan jenazah (Cryopreservation)

Pernah berpikir untuk diawetkan dengan cara dibekukan jika meninggal nanti? Terdengar seram, tapi perusahaan pendanaan bernama Numerai menawarkan hal ini.

Dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan dalam rangka mencari teknisi yang bisa membuat aplikasi saham, perusahaan mencantumkan penawaran fasilitas untuk membekukan jenazah bagi karyawan yang meninggal.

2. Pembekuan sel telur

Mungkin pembekuan jenazah tergolong seram. Tapi bagaimana dengan pembekuan sel telur? Beberapa perusahaan seperti Facebook dan Apple menawarkan jasa ini untuk membantu karyawan wanita.

Idenya berasal dari kegalauan wanita untuk memilih antara memiliki anak atau membangun karier. Dengan membekukan telur, karyawan wanita bisa menunda punya anak tapi takut kehilangan penurunan kualitas reproduksi. Perusahaan akan menanggung biaya prosedur medis ini hingga Rp 260 juta.

Liburan acak



3. Liburan acak

Freeborn & Peters, sebuah firma hukum di Chicago menawarkan liburan yang bikin karyawannya deg-degan. Setiap karyawan diminta untuk mengepak lengkap koper, dan empat dari mereka akan dipilih secara random untuk liburan ke Las Vegas.

4. Uang untuk membeli kendaraan hybrid

Integrated Archive Systems yang berkantor di California Amerika memberikan US$ 10 ribu atau Rp 130 juta pada karyawan untuk membeli kendaraan hybrid. Uang gratis untuk beli mobil, siapa yang tidak mau?

5. Yay days

Kalau Anda pencinta outdoor, Anda pasti akan senang sekali bekerja di REI. Di REI, ada yang namanya ‘Yay Days’ di mana perusahaan memberikan dua hari cuti tambahan untuk menjelajah alam.

Cuti tambahan mungkin tidak aneh. Tapi kalau cuti yang ditanggung semua biayanya oleh perusahaan seperti yang dilakukan REI pasti mengasyikkan ya?

Anjuran berselancar



6. Anjuran berselancar

Petagonia merupakan perusahaan yang fokus memproduksi pakaian dan peralatan olahraga outdoor. Tak heran kalau perusahan ingin karyawannya memiliki tubuh sehat dan fit.

Perusahaan yang berbasis di California ini menyediakan sepeda, lapangan voli, serta studio yoga.

Tidak hanya itu saja, setiap karyawan sangat dianjurkan untuk berselancar di pantai saat waktu istirahat! Resepsionis di Petagonia tidak hanya bertugas menerima tamu, tapi juga mengumumkan bahwa cuaca dan kondisi ombak sedang bagus untuk berselancar. Tentu semua peralatan disediakan perusahaan.

7. Bonus dan cuti empat bulan bagi pasangan yang baru punya anak

Facebook menawarkan banyak fasilitas dan bonus pada orangtua dan calon orangtua. Baik ibu maupun ayah baru akan mendapat empat bulan cuti melahirkan, reimbursement biaya penitipan anak, dan Rp 62 juta bonus lainnya setelah anak lahir.

Jaringan restoran cepat saji sandwich Capriotti juga memperbolehkan karyawan untuk cuti dalam rangka menghadiri acara-acara yang berkaitan dengan anak. Misalnya seperti kunjungan orangtua ke sekolah, pengambilan rapot, ulang tahun, lomba, atau kelulusan anak.

Kantor tanpa jam kerja



8. Kantor tanpa jam kerja

Jika biasanya kantor menerapkan jam kerja dari jam 9 sampai jam 5 atau jam 9 sampai jam 6, tidak demikian dengan Netflix. Di kantor pusat Netflix di California, tidak bisa dibedakan antara hari libur dengan jam kerja.

Perusahaan hanya mengukur pada kemampuan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Selama pekerjaan terselesaikan dengan baik, tidak masalah kapan atau berapa lama mereka berada di kantor.

Namun jika peraturan mengasyikkan ini disalahgunakan, Netflix tidak akan segan untuk langsung memutus hubungan kerja karyawan yang lalai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.