Sukses

Kembangkan Kebiasaan Harian Ini Jika Ingin Sukses

Tidak ada salahnya jika Anda mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru yang baik untuk perkembangan bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Merintis sebuah bisnis memang terkadang membutuhkan kemampuan dan teknik yang tepat agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Namun tahukah Anda, ternyata kebiasaan-kebiasaan yang dijalani bisa saja memiliki pengaruh terhadap perkembangan bisnis yang dijalankan.

Menurut Aristoteles, apa yang kita kerjakan terus menerus secara berulang adalah diri kita sebenarnya. Situasi dan kondisi yang dihadapi saat ini bisa saja merupakan hasil yang dilakukan setiap harinya.

Memang tidak semua kebiasaan adalah hal yang baik, bisa saja buruk dan malah merugikan kita. Namun tidak ada salahnya jika Anda mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru yang baik untuk perkembangan bisnis.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengembangkan kebiasaan baik agar sukses dalam hidup seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Putuskan kebiasaan baru yang akan dibentuk

Segala sesuatu yang dijalankan tidak akan tercapai bila tidak memiliki sebuah tujuan. Sehingga Anda bisa memulai dari memutuskan suatu tindakan yang akan diambil dari hal yang sederhana.

Meskipun tindakan-tindakan tersebut terlihat sepele, namun bisa bermanfaat banyak untuk Anda ke depannya. Misalnya saja dari bangun pagi lebih awal, membaca koran setiap paginya, dan masih banyak lainnya.

Bila membangun kebiasaan-kebiasaan sederhana ini terus menerus, maka akan sangat bermanfaat kedepannya.

2. Pilih aktivitas yang sudah dilakukan untuk memicu tindakan baru

Bila sulit untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan lama terutama yang buruk, maka Anda bisa menggunakan metode ini untuk mengubah hidup. Cobalah untuk melampirkan tindakan yang baru untuk kebiasaan yang ada sebelumnya menjadi lebih mudah.

Misalnya saja bila ingin menghentikan kebiasaan membaca email di pagi hari, maka Anda bisa menggunakan tindakan seperti duduk di teras rumah ketika bangun tidur untuk memicu kegiatan baru lainnya yang ingin dilakukan seperti bekerja.

Anda juga dapat membuat catatan kecil sebagai pengingat agar kebiasaan tersebut tidak menjadi kebiasaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadiah untuk diri sendiri

3. Berikan hadiah untuk diri sendiri

Banyak kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat berkembang dikarenakan adanya hadiah atau iming-iming terhadap sesuatu yang dinginkan. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menghindari diri dari kebiasaan-kebiasaan yang buruk.

Belikan hadiah untuk diri sendiri sebagai penghargaan atas apa yang sudah dilakukan. Semakin Anda dihargai, maka akan semakin besar kemungkinan bila kebiasaan tersebut bisa diperkuat.

4. Bersabar dan memaafkan diri sendiri

Hal lainnya yang bisa dicoba untuk mengembangkan kebiasaan baru adalah mencoba bersabar dan memaafkan diri sendiri. Meskipun hal ini terasa sulit dan membutuhkan perjuangan di awalnya, namun bila mencoba dengan sungguh-sungguh dapat mendatangkan manfaat ke depannya.

Terkadang beberapa rutinitas harian membuat kita berpikir bila hidup ini mudah sehingga Anda tidak memikirkan tentang apapun. Namun bila kebiasaan seperti ini terus dicoba, maka Anda bisa kesulitan dalam mengingat tujuan hidup Anda dan keluar dari rutinitas tersebut.

Sehingga ketika lupa, cobalah untuk bersabar. Dan ketika melakukan sesuatu hal yang salah cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan kembali kepada tujuan yang baru.

3 dari 3 halaman

Tujuan baru

5. Pastikan tujuan baru untuk mendukung Anda

Terkadang beberapa kebiasaan baru malah membuat Anda melawan diri sendiri. Misalnya saja ketika Anda berpikiran bahwa jika menunda membaca email, maka bisa kehilangan berita penting.

Sehingga untuk memastikan bila kebiasaan baru tersebut bergerak maju sesuai dengan tujuan, maka Anda bisa mencoba untuk mengevaluasi efektifitas kegiatan tersebut. Anda bisa mempertimbangkan hasil yang ada baik itu dalam bentuk yang positif maupun negatif.

Dengan begitu, Anda bisa menilai apakah kebiasaan tersebut dapat mendukung Anda ke depannya.

Pertimbangkan Kebiasaan-Kebiasaan Sebelum Melakukan

Banyak hal-hal baik yang dapat menjadi kebiasaan baru yang dapat bermanfaat untuk kesuksesan Anda baik dalam hidup maupun pekerjaan.

Namun tentunya Anda harus memperhatikan nilai baik dan buruk kebiasaan tersebut serta manfaat untuk ke depannya. Jangan sampai kebiasaan tersebut malah bertentangan dengan tujuan sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.