Sukses

Cegah Stres dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Jika Anda ingin mencegah stres, cobalah dengan konsumsi makan-makanan sehat berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang akan Anda lakukan untuk mencegah stres akibat kerja? Jika yang Anda lakukan adalah makan, cobalah dengan konsumsi makan-makanan sehat berikut ini dan pastinya tidak akan membuat gemuk.

Apa saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

1. Alpukat

Jika Anda sudah merasa stres dengan pekerjaan, coba untuk mengkonsumsi alpukat. Sebab, telah diketahui bahwa buah ini kaya akan asam folat, 20 jenis vitamin dan mineral seperti vitamin E, Vitamin K, vitamin B dan potassium, serta lemak tak jenuh tunggal dan serat, yang keduanya membantu membuat Anda kenyang.

Fungsi asam folat yang terdapat di alpukat dapat mencegah penumpukan homosistin yaitu zat yang mengganggu sirkulasi nutrisi ke otak.

2.Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam memang mengandung vitamin B dan asam folat yang sangat berguna untuk meredakan stres. Jika kita konsumsi sayuran hijau ini akan memicu mood bagus. Selain berguna sebagai pereda stres, sayuran hijau juga dapat membantu  memperlambat penuaan dan mengandung vitamin K yang dapat memperkuat daya ingat.

3. Cokelat hitam

Banyak orang yang bilang bila mengkonsumsi cokelat hitam dapat mengurangi stres. Pernyataan itu memang benar adanya, sebab cokelat hitam mengandung lebih banyak antioksidan, polifenol, flavanol, dibandingkan berbagai jenis buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres.

Almond



4. Almond

Ketika stres melanda, cobalah untuk ganti cemilanmu dengan kacang almond. Sebab, kacang almond dipercaya memiliki khasiat pereda dan anti stres. Kacang almond mengandung vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zat seng.

Vitamin B dan magnesium dapat mengendalikan mood, vitamin E kaya akan antioksidan yang bisa melawan stres dan juga mencegah sakit jantung, dan terakhir zat seng juga mampu melawan stres.

5. Ikan salmon

Cobalah konsumsi ikan salmon sebagai pencegan stres. Sebab, ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu melawan kecemasan, mengurangi risiko depresi, dan juga mengatur adrenalin ketika Anda stres.

Konsumsilah 4 ons dalam 3 kali seminggu, hal ini bisa memperbaiki mood Anda ketika hormon stres sedang bergejolak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.