Sukses

6 Jurusan Kuliah yang Sangat Menguras Kantong

Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan, ada baiknya untuk mengintip 6 jurusan yang disinyalir memakan banyak biaya ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu masih menimbang-nimbang, kira-kira jurusan kuliah apa yang sesuai dengan budget pendidikanmu? Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan, ada baiknya untuk kroscek 6 jurusan yang disinyalir memakan banyak biaya ini.

Dikutip dari Tunaiku, daftar ini bisa dijadikan referensi untuk menyusun rencana pendidikanmu. Wah, dari keenam jurusan ini adakah jurusan incaranmu?

1. Kedokteran dan Kedokteran Gigi

Mendengar namanya saja, kesan mahal sudah begitu terasa. Tak hanya ujian masuknya saja yang dinilai sulit, tetapi biayanya pun mustahil untuk dikatakan murah.

Beruntung jika kamu dapat diterima di perguruan tinggi negeri. Jika masuk universitas swasta, biaya dengan angka bombastis siap menyambutmu.

Sebagai rinciannya, kita harus membayar uang pangkal senilai ratusan juta rupiah. Angka bombastis ini belum seberapa jika dibandingkan dengan uang per semester, biaya tambahan seperti pratikum, membeli buku, peralatan dan lainnya. Banyak calon mahasiswa yang sudah dibuat minder hanya dengan mengetahui biayanya.

2. Arsitektur

Jurusan yang satu ini juga jadi incaran para calon mahasiswa. Kesan prestisius yang begitu melekat pun diimbangi dengan biaya perkuliahan yang melejit. Kamu harus menyiapkan biaya untuk uang pangkal, uang semesteran hingga biaya praktikum yang tak bisa dibilang murah.

Sebagai mahasiswa arsitektur, kamu harus menyiapkan berbagai peralatan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan oleh mahasiswa arsitektur di antaranya pulpen dengan tipe tertentu, berbagi jenis kertas, pensil, meja gambar, dan  laptop dengan spek yang mampu rendering 3D.

Belum lagi, kamu harus menyiapkan budget untuk presentasi dan pembuatan maket. Wuih, mahal ya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desain Komunikasi Visual

3. Desain Komunikasi Visual

Mungkin jika dilihat secara sepintas, Desain Komunikasi Visual atau DKV tidaklah memakan banyak biaya. Namun, jika ditelusuri lagi, biaya-biaya tambahanlah yang membuat jurusan ini sangat menguras menguras tabungan pendidikanmu.

Selama proses perkuliahan,  ternyata kebutuhan mahasiswa DKV tidaklah sedikit! Seperti aneka jenis kertas gambar, alat lukis, buku sketsa dan lainnya. Dan tak terlupa, kamu harus menyiapkan laptop dengan spek yang mendukung perkuliahan DKV.

4. Seni Rupa

Tak jauh-jauh dari jurusan Desain Komunikasi Visual, jurusan seni rupa juga tak disangka-sangka memakan banyak biaya. Para mahasiswa diharuskan untuk menginvestasikan banyak budget untuk peralatan penunjang.

Untuk mahasiswa seni lukis saja, membeli kuas seharga Rp 200 ribu sudah biasa. Belum lagi, bagi kamu yang mendalami desain interior yang dituntut untuk membeli peralatan dengan tarif mahal. Karena sepertinya, memang tidak ada seni yang murah di dunia ini.

3 dari 3 halaman

Seni Fotografi

5. Seni Fotografi

Tak sekedar skill yang mumpuni saja lho yang dibutuhkan oleh mahasiswa seni fotografi. Hasil foto yang melegenda karena kualitasnya dipengaruhi oleh jenis kameranya. Dan seperti yang kita ketahui bersama, bahwa tidak ada peralatan fotografi yang murah. 

Wah, ternyata gampang-gampang susah ya menjadi mahasiswa seni fotografi. Ketika budget pendidikan tak sejalan dengan kemampuan fotografimu.

6. Fashion Design

Apakah kamu tertarik untuk menekuni jurusan desain mode maupun tekstil? Siap-siap dikejutkan dengan biaya untuk praktek ya. Untuk menghasilkan sebuah desain, beragam alat dan bahan dibutuhkan. Hal ini tentu saja akan memakan banyak biaya.

Inilah 6 jurusan kuliah yang siap meneror budget pendidikanmu! Masih tertarik untuk kuliah di jurusan-jurusan ini? Kamu bisa menyusun kembali rencana pendidikan beserta anggaran yang ada. Baru deh memutuskan untuk kuliah di jurusan yang mana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.