Sukses

BI Siapkan Uang Lebaran Rp 200 Triliun, Berapa Pecahan Baru?

Bank Indonesia (BI) memastikan, ketersediaan uang cukup untuk memenuhi kebutuhan Lebaran tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) memastikan, ketersediaan uang cukup untuk memenuhi kebutuhan Lebaran tahun ini. BI menyediakan uang sampai Rp 200 triliun pada Lebaran kali ini.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengatakan, kebutuhan uang masyarakat pada tahun ini diperkirakan Rp 167 triliun. Dengan ketersediaan uang saat ini, kebutuhan bisa terpenuhi.

"Kecukupan uang yang diedarkan BI untuk menghadapi Lebaran lebih dari cukup, posisi kita sekitar hampir Rp 200 triliun, itu semua pecahan. Kalau setiap prediksi kami kebutuhan kami Rp 167 triliun. Jadi lebih dari cukup," kata dia di Lapangan IRTI Monas Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Dia mengatakan, uang yang disediakan BI terdiri dari uang baru dan lama. Untuk pecahan baru atau emisi 2016, BI menyediakan sampai Rp 70 triliun.

"Kita akan mencukupinya baik yang emisi lama maupun baru. Jadi memang belum semua emisi baru. Emisi baru sekitar Rp 70 triliun. Yang sisanya masih emisi lama," jelas dia.

Sugeng mengatakan, Lebaran kali ini menjadi kesempatan BI untuk mengedarkan uang baru. "Ini kesempatan untuk BI mempercepat pengedaran uang emisi baru tahun 2016," imbuh dia.

Dia menambahkan, saluran distribusi pun dibuka dengan luas. Sehingga, sebaran uang-uang tersebut merata.

"Kami juga melalui kegiatan kas titipan yang sudah kita lakukan kerjasama perbankan sekitar 77 kas titipan seluruh Indonesia, ada 45 kantor perwakilan BI. Jadi sudah 122 titik distribusi seluruh Indonesia," tutup dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.