Sukses

Begini Cara Cek Uang Baru Asli atau Palsu

Keaslian uang baru atau emisi tahun 2016 bisa dicek dengan metode 3D, yakni dilihat, diraba, dan diterawang.

Liputan6.com, Jakarta Keaslian uang baru atau emisi tahun 2016 bisa dicek dengan metode 3D, yakni dilihat, diraba, diterawang. Metode yang digunakan masyarakat awam ini tak berbeda dengan cara pengecekan uang lama.

Direktur Pengelolaan Uang BI Suhaedi menerangkan, metode pemeriksaan keaslian uang dengan 3D juga berlaku pada uang baru.

"Sekarang ini, baik uang lama dan uang baru bisa dengan 3D. Dilihat, apakah warnanya seperti yang kita cetak, warna terang, kalau agak kusam bisa dilihat. Kemudian diterawang ada berapa yang bisa dilihat, watermark ada, gambarnya ada enggak, pahlawannya cocok enggak yang sudah ditentukan. Diraba ada bagian tertentu agak kasar," ujar dia di Lapangan IRTI Monas Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Dia menambahkan, pada uang baru terdapat beberapa bagian yang kasar. Ini untuk memudahkan tunanetra dalam memastikan keaslian uang. Di uang baru juga ada bagian yang bisa berubah warna.

"Untuk uang baru kita, letaknya untuk saudara kita yang tunanetra itu ada bagian tertentu yang bisa diraba. Itu agak kasar. Ada berapa lagi yang bisa berubah warna kalau dari sudut pandang tertentu," tutur dia.

Dia mengatakan, unsur pengaman pada uang baru antara 8-12 unsur pengaman, sehingga uang baru sulit dipalsukan.

"Untuk membedakan uang yang diduga palsu dan asli bisa dilihat dari unsur pengamannya. Uang rupiah kita memiliki unsur pengaman antara 8-12 unsur pengaman. Makin tinggi pecahannya, Rp 100 ribu, 12 unsur pengaman. Baik di bahan uang watermark, benang pengaman, maupun diproses cetak seperti rectoverso," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.