Sukses

Hadapi Tantangan Ekonomi, Pengusaha Butuh Kerja Sama Pemerintah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengelar buka puasa bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan menteri Kabinet Kerja.

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengelar buka puasa bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan menteri Kabinet Kerja. Buka puasa bersama tersebut dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara pengusaha dengan pemerintah.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani mengatakan, ‎di tengah-tengah tantangan ekonomi yang dihadapi Indonesia, perlu adanya sinergitas di antara para pelaku ekonomi, pelaku usaha dan pemerintah. Hal ini juga dalam rangka mengakselerasi roda perekonomian nasional.

Menurut dia, Ramadan merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat sinergi tersebut. ‎"Ini adalah waktu yang baik untuk memperkuat keimanan, kebersamaan dan semangat saling memaafkan serta membantu mereka yang masih mengalami penderitaan,” ujar dia ‎di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta (7/6/2017).

Oleh sebab itu, Rosan meminta agar dunia usaha dapat meningkatkan silaturahmi dan memusatkan perhatiannya untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan usahanya. Sekaligus menciptakan harmoni dan sinergi dengan kegiatan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan ekonomi bangsa.

“Kita yakin dan percaya bahwa perbedaan itu bukan merupakan sumber perpecahan tetapi justru menjadi sumber kekuatan untuk menciptakan kehidupan yang penuh kedamaian dan kemajuan,” kata dia.

Melalui acara buka puasa bersama, lanjut dia, selain mempererat tali silaturahmi juga diharapkan mampu menciptakan dan meningkatkan suasana yang kondusif bagi dunia usaha dari berbagai sektor.

Sementara itu, Wakil Presiden ‎JK menyatakan, kebijakan yang selama ini dikeluarkan pemerintah telah berpihak kepada pengusaha. Oleh sebab itu, dia berharap pengusaha juga bisa berkontribusi kepada negara melalui penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Tadi saudara Rosan menggambarkan bagaimana Kadin diajak serta dalam kewajiban pemerintah. Soalnya presiden pengusaha, wakilnya pengusaha, menteri juga banyak pengusaha. Kalau pemerintah mengeluarkan kebijakan yang pro pengusaha karena kita merasakan sendiri bagaimana pentingnya pemerintah membuat kebijakan sehingga pengusaha itu memiliki semangat. Sehingga pengusaha dapat membantu pemerintah memberikan pekerjaan kepada banyak orang," tandas dia.‎

Selain dihadiri JK, acara Buka Puasa Bersama Kadin turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, para Duta Besar negara-negara sahabat, jajaran pengurus Kadin baik pusat maupun daerah serta pengurus asosiasi-asosiasi bisnis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla