Sukses

BI: Masyarakat Kian Optimistis dengan Kondisi Ekonomi RI

Liputan6.com, Jakarta Survei Bank Indonesia (BI) menemukan bahwa optimisme konsumen terus meningkat pada Mei 2017. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) mencapai 125,9, lebih tinggi dibandingkan dengan 123,7 pada April 2017.

"Peningkatan optimisme konsumen bersumber dari keyakinan atas kondisi ekonomi saat ini disertai dengan meningkatnya ekspektasi ke depan," demikian menurut penjelasan BI dalam keterangannya, Kamis (8/6/2017).

Menurut komponennya, peningkatan IKK dipicu Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang naik sebesar 2,9 poin serta Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang naik sebesar 1,5 poin.

Keyakinan konsumen yang meningkat tersebut diikuti dengan ekspektasi terhadap tekanan kenaikan harga. Tekanan kenaikan harga pada tiga bulan mendatang diperkirakan sedikit meningkat. Ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan yang naik 0,5 poin dibanding bulan sebelumnya menjadi 177,0.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga dalam enam bulan mendatang diperkirakan sedikit mereda terindikasi indeks yang turun 2,5 poin dibanding survei bulan sebelumnya menjadi 166,5.

Hasil survei juga mengindikasikan porsi pendapatan yang digunakan untuk tabungan meningkat pada Mei 2017 dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Jumlah tabungan diperkirakan masih meningkat pada enam bulan mendatang, meskipun melambat dari bulan sebelumnya.

Artikel Selanjutnya
Cara Sri Mulyani Bawa Ekonomi RI Tumbuh Tinggi
Artikel Selanjutnya
Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga Acuan Jadi 4,5 Persen