Sukses

Fantastis, Peta Asli Disneyland Dilego Rp 11,9 Miliar

Peta yang dibuat pada tahun 1953 tersebut dibuat oleh Walt Disney dan seorang seniman bernama Herb Rymann.

Liputan6.com, New York - Peta Disneyland pertama yang dirancang oleh Walt Disney akan dijual ke publik dalam lelang di California. Meski sudah berusia sangat lama, peta tersebut ternyata memiliki nilai sangat mahal hingga diperkirakan akan mampu terjual lebih dari US$ 900 ribu atau Rp 11,9 miliar.

Peta yang dibuat pada tahun 1953 tersebut dibuat oleh Walt Disney dan seorang seniman bernama Herb Rymann. Dibuat dengan tinta dan diwarnai secara manual, peta tersebut akan dipresentasikan di depan investor demi mendapat dana untuk membangun Disneyland di Anaheim.

Seperti dilaporkan Reuters.com, Jumat (9/6/2017), dalam peta tersebut bisa terlihat beberapa tempat ikonik seperti istana Sleeping Beauty hingga Fantasy Land. Sepeninggal Walt Disney, peta ini beberapa kali berpindah tangan, hingga akhirnya oleh pemiliknya yang sekarang, peta ini dilelang lewat Van Eaton Galleries di Los Angeles, AS.

Menurut pemilik tempat lelang Mike van Eaton, nilai dari peta awal Disneyland bisa sangat tinggi hal ini diakibatkan kelangkaan dan orisinalitasnya. Menurut Van Eaton, nilainya berkisar antara US$ 700 ribu hingga US$ 900 ribu.

"Ini sangat persis dengan lokasi Disneyland terlihat sekarang. Jalanannya sama, Fantasy Land-nya mirip. Beberapa wahana sudah tidak ada, tapi konsep keseluruhan Disneyland ada di peta tahun 1953 itu, 2 tahun sebelum Disneyland berdiri," jelas Van Eaton.

Selain peta Disneyland ini, ada beberapa barang peninggalan disney yang juga dijual dalam lelang. Kurang lebih 1,000 buah memorabilia Walt Disney akan dijual dalam lelang mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.