Sukses

Mudik Gratis Motor Lewat Darat ‎Ludes Diburu Masyarakat

Saat ini hanya pendaftaran mudik gratis motor di 3 kota tujuan yang masih dibuka pada momen arus mudik.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menutup pendaftaran mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan jalur darat. Hampir semua kuota mudik gratis ludes diserbu masyarakat.

Direktur Angkutan dan Multi Moda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana menuturkan, saat ini  hanya pendaftaran mudik gratis 3 kota tujuan yang masih dibuka untuk arus mudik.

"Yang masih buka itu Yogyakarta, Purwokerto dan Wonosobo‎. Dan semua ini akan diangkut menggunakan truk dan pemiliknya akan diangkut menggunakan bus," kata dia di kantornya, Kamis (8/6/2017).

Sementara untuk tujuan Kebumen, Magelang, Solo, Tegal, Wonogiri dan Semarang sudah penuh. Bahkan rata-rata peserta mudik dari kota tersebut melebihi kuota. Dari total kuota mudik motor gratis sebesar 2.457, yang sudah terdaftar mencapai 2.504.

Tak jauh berbeda dengan kuota untuk arus mudik, mayoritas kuota mudik gratis sepeda motor pada arus balik pun sudah ditutup. Dari total 1.053 kuota, jumlah yang mendaftar mencapai 1.104 untuk sepeda motor.

Meski sudah melebihi kuota, namun Kemenhub masih membuka pendaftaran mudik gratis untuk keberangkatan dari Semarang pada momen arus balik. Sementara untuk Yogyakarta dan Solo sudah ditutup.

"Mengapa kok melebihi kuota yang daftar, karena biasanya nanti kalau verifikasi ada yang tidak berangkat. Tahun lalu itu setidaknya ada 20 persen yang tidak melakukan verifikasi," dia menegaskan.

Mengenai adanya beberapa pendaftar yang tidak melakukan verifikasi, nantinya akan dibuka kembali pendaftaran untuk beberapa kota tujuan yang masih tersisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.