Sukses

Tak Harus Mewah, Ini 4 Tips Sulap Pesta Pertunangan Jadi Berkesan

Pesta pertunangan menjadi momen yang selalu dinanti-nantikan oleh setiap pasangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pesta pertunangan menjadi momen yang selalu dinanti-nantikan oleh setiap pasangan. Momen berkumpulnya keluarga dalam usaha saling mengenal satu sama lain. Agar makin sempurna, banyak hal yang harus dipersiapkan agar pesta pertunanganmu berkesan.

Jika mengikuti tren, pesta pertunangan dengan konsep mewah tengah diminati oleh para pasangan. Serasa berlomba-lomba dengan pasangan lain, ratusan juta rupiah pun digelontorkan untuk merayakan hari kebahagiaan ini.

Namun, jika kamu tak memiliki cukup budget tak perlu bersedih hati. Coba maksimalkan budget-mu pada pos-pos berikut ini, seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Pos Keuangan Hantaran

Sudah menjadi kebiasaan jika calon pengantin perempuan menentukan hantarannya. Dari sekian banyak hantaran yang bisa dipilih, hantaran sederhana sepertinya cukup menarik.

Perlengkapan salat, make-up, pakaian, hingga buku pun bisa jadi pilihan. Selain sederhana, hantaran ini juga tak memakan biaya. Alokasikan biaya hantaran sebesar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta.

2. Pos Pembelian Suvenir

Sebagai wujud terima kasih atas kehadiran para undangan, tanda mata menjadi barang wajib yang harus dibeli. Bisnis tanda mata untuk pernikahan dan pertunangan makin menggeliat dibarengi dengan makin banyaknya pilihan.

Belilah suvenir yang murah-meriah tetapi tetap bermanfaat. Seperti suvenir mini ataupun benih tanaman oke juga kok untuk suvenir. Sudah pasti bermanfaat bagi si penerima. Untuk suvenir siapkan dana sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biaya Subsidi

3. Pos Biaya Subsidi

Pos keuangan yang satu ini cukup rumit dan membutuhkan perhatian lebih nih. Kita harus cermat dalam menentukan lokasi acara, makanan, dokumentasi, busana dan make-up, sekaligus dekorasi. Cara termudah yang dapat dilakukan akan mengundang  tamu secara selektif.

Undanglah keluarga besar dan teman terdekat saja. Sementara untuk mengakali biaya gedung, rumah bisa menjadi alternatif yang tak bisa diabaikan. Menggelar pesta pertunangan disinyalir bisa menghemat budget.

Sudah tahukan bahwa biaya gedung memang gila-gilaan. Dan nantinya, dengan budget 500 ribu, rumahmu dapat didekorasi dengan jasa paper flower.

Opsi terakhir untuk make-up dan dokumentasi adalah meminta tolong kepada sahabat atau kerabat. Di antara para sahabat, pasti ada yang jago banget dalam merias. Kamu bisa meminta bantuan mereka.

Lalu untuk foto, meski bukan fotografer profesional, para fotografer dadakanpun bisa menghasilkan foto yang berkualitas kok jika didukung dengan kamera yang bagus.

3 dari 3 halaman

Biaya Tak Terduga

4. Pos Biaya Tak Terduga

Untuk mengantisipasi  terjadi hal-hal tak terduga, selalu siapkan biaya tambahan. Biaya tak terduga ini bisa menjadi backup ketika kamu membutuhkan uang untuk keperluan yang tak ada dalam perencanaan.

Seperti menyediakan pendingin ruangan tambahan jika cuaca tengah panas. Atau membelikan rokok untuk panitia yang telah bekerja keras dalam menjaga kelancaran pesta pertunanganmu. Siapkan dana sekitar Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta untuk pos biaya tak terduga ini.

Setelah memangkas biaya di sana-sini, pesta pertunanganmu tak akan memakan banyak budget. Segala sesuatu jika dipersiapkan secara matang, niscaya akan mencapai hasil yang maksimal.

Berharap saja semua rencana yang telah kamu susun dapat terealisasi dan memberikan kesan mendalam bagi para tamu dan keluarga yang datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.