Sukses

Menhub Budi Karya: 4.947 Bus Sama Sekali Tak Layak Jalan

Budi karya menjelaskan, total bus yang telah menjalani pemeriksaan rutin atau ramp check mencapai 11.605 bus.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, hasil pemeriksaan Kementerian Perhubungan terhadap seluruh bus yang akan melayani angkutan mudik Lebaran 2017, terdapat 4.947 bus yang tak layak jalan. Jumlah tersebut kurang lebih 40 persen dari total bus yang ada. 

Budi karya menjelaskan, total bus yang telah menjalani pemeriksaan rutin atau ramp check mencapai 11.605 bus. Dari jumlah tersebut, 6.658 bus layak jalan. Namun yang dari jumlah 6.658 bus, sebanyak 1.632 bus masih perlu dilakukan perbaikan. Sedangkan sisanya 4.947 bus sama sekali tidak layak jalan.

"Masih ada waktu seminggu lagi untuk diperbaiki. Bus yang tidak layak, tidak akan kami beri stiker," tegas Budi Karya seperti ditulis, Senin (12/6/2017).

Budi pun meminta kepada Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk menilang supir yang mengoperasikan bus tidak layak jalan atau tidak memiliki stiker tersebut. Hal tersebut demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang. 

"Kami koordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk memantau bus tidak layak jalan tapi tetap beroperasi. Kami minta penumpang jangan naik bus yang tidak punya stiker," Budi Karya mengimbau.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto mengaku, sudah ada peningkatan jumlah bus yang layak jalan menjadi 75 persen.

"Kami sudah periksa, dan hasilnya 75 persen bus layak jalan. Sedangkan 25 persen sisanya tidak layak jalan dan belum mendapatkan stiker," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.