Sukses

3 Hal Ini Seharusnya Bikin Makin Hemat di Bulan Ramadan

Selain harga-harga yang jadi naik, banyaknya kebutuhan makin membuat pengeluaran di bulan Ramadan membengkak.

Liputan6.com, Jakarta - Selain harga-harga yang jadi naik, banyaknya kebutuhan makin membuat pengeluaran di bulan Ramadan membengkak. Keinginan berbuka dengan menu macam-macam, keinginan sahur dengan santapan enak, keinginan membeli baju baru, semua ini membuat dompet jebol.

Pengeluaran semakin besar saat mendekati lebaran karena banyaknya undangan berbuka bersama, belanja kue khas lebaran, dan bagi-bagi uang untuk saudara.

Padahal ada beberapa hal yang seharusnya membuat Anda lebih hemat saat puasa seperti dikutip dari CekAja.com:

1. Tidak ada makan siang

Karena sedang berpuasa, Anda tidak perlu keluar uang untuk makan siang. Bagi yang terbiasa membeli kopi di pagi atau sore hari, Anda juga lebih hemat karena pengeluaran ini tidak ada saat bulan Ramadan.

Kalau sekali makan siang kamu menghabiskan Rp 30 ribu, camilan Rp 15 ribu, dan kopi Rp 25ribu, dalam 20 hari kerja selama bulan Ramadan Anda sudah bisa berhemat Rp 1,4 juta.

2. Banyak takjil gratis

Hal lain yang membuat pengeluaran boros selama Ramadan adalah keinginan berbuka dengan menu macam-macam alias lapar mata. Padahal kalau berbuka secukupnya, Anda bisa berhemat banyak lho.

Misalnya kalau tahun lalu Anda menghabiskan Rp 30 ribu sehari untuk menu berbuka puasa (kolak Rp 5.000, gorengan Rp 10 ribu, es buah Rp 10 ribu, dan kue Rp 5.000), coba kurangi bujetnya jadi Rp 15 ribu saja tahun ini.

Lebih untung kalau kantor menyediakan menu berbuka puasa gratis. Takjil gratis biasanya dibagikan di masjid-masjid besar dan menunya pun berganti setiap hari.

Diskon



3. Manfaatkan diskon kartu kredit di restoran

Bulan Ramadan tidak terlepas dari tradisi buka bersama teman-teman. Mulai dari teman SD, teman SMP, tema SMA, kuliah, organisasi, klub, dan lain sebagainya. Memang sih, Anda tidak wajib memenuhi setiap undangan berbuka bersama.

Untuk acara berskala besar biasanya Anda diminta patungan. Tapi untuk skala kecil, seringnya acara diadakan di restoran dan membayar sendiri-sendiri.

Supaya lebih hemat, pilih restoran yang memberikan diskon sesuai dengan kartu kredit yang dimiliki. Biasanya selama bulan Ramadan, kartu kredit bekerja sama dengan banyak restoran dan memberikan diskon atau cashback. Silaturahmi terjalin, dompetmu pun tetap aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.