Sukses

Flyover Klonengan di Tegal Selesai Sesuai Target

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengapresiasi proses pengerjaan overpass atau flyover Klonengan di Tegal, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengapresiasi proses pengerjaan overpass atau flyover Klonengan di Tegal, Jawa Tengah. Flyover tersebut selesai sesuai target. 

Basuki mengatakan, flyover ini untuk mengurai kemacetan lalu lintas menghindari perlintasan sebidang. 

Bentuk flyover ini lebih rumit karena melintasi pertigaan Slawi-Pejagan sehingga perlu dibuat agar tidak saling bersilang. Flyover sepanjang 1.011 meter tersebut berada di atas tiga jalur rel kereta api dengan kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi. Hal ini pula yang membuat flyover ini memiliki bentang yang cukup panjang dibanding 3 flyover lainnya.

Sebagai bentuk apresiasinya tersebut, Basuki memberi hadiah pada Kepala Proyek Flyover Klonengan, Taufan.

"Jam tangan ini sebagai bentuk apresiasi saya, karena pekerjaan selesai sesuai target waktu, padahal, saya dengar beliau sempat sakit," kata Basuki dalam keterangannya, Senin (12/6/2017)‎.

Sementara itu, Direktur Wilayah Timur Hutama Karya, Sugeng Rochadi memaparkan bahwa Flyover Klonengan merupakan proyek design and build dengan acuan penggunaan timbunan beton ringan mortar busa yg dikembangkan oleh Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (PUSJATAN) Kementerian PUPR.

"Dengan mengkombinasikan beton ringan, voided slab, girder dan armco, teknologi ini tak hanya dapat menghemat anggaran tapi juga mempercepat proses pengerjaan," ungkap Sugeng. Saat ini, lanjutnya, pekerjaan proyek sudah 99 persen. "Masyarakat sudah bisa menggunakan flyover ini mulai H-10 lebaran tahun ini," tutup Sugeng. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.