Sukses

Menyiapkan Asuransi untuk Mudik Lebaran

Agar mudik Lebaran lancar dan berkesan juga perlu perencanaan keuangan yang matang.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran identik dengan mudik ke kampung halaman. Pergi mudik ke kampung halaman itu dimanfaatkan berkumpul bersama keluarga. Agar mudik saat Lebaran lancar dan berkesan juga perlu perencanaan keuangan yang matang. Salah satunya menyiapkan asuransi.

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Mike Rini menuturkan memiliki asuransi itu penting. Ini sebagai antisipasi untuk menghadapi hal tak terduga sehingga tidak mengganggu anggaran keuangan. Ia menuturkan, asuransi kesehatan dan jiwa menjadi produk yang dibutuhkan seseorang. 

Terkait mudik saat Lebaran, menurut Mike memiliki asuransi juga dibutuhkan. Akan tetapi, asuransi juga luput dari perhatian karena menambah biaya mudik. Namun agar biaya menjadi lebih efisien sebaiknya Anda melihat kembali apa saja manfaat yang didapatkan dari asuransi kesehatan. Ini terutama bagi Anda sudah punya asuransi kesehatan dan jiwa.

"Dalam perjalanan mudik mungkin ada risiko yang dihadapi misalkan sakit, kecelakaan dan lainnya. Lihat manfaat asuransi kesehatan yang sudah miliki apakah cover biaya rumah sakit di mana pun, biaya inap, dan risiko saat perjalanan mudik karena ada asuransi kesehatan dan jiwa tidak cover saat perjalanan," jelas Mike saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (14/6/2017).

Ia menambahkan, bila belum memiliki asuransi kesehatan, maka asuransi travelling atau perjalanan bisa jadi pilihan terutama saat ingin mudik Lebaran dan asuransi kecelakaan. "Lihat manfaat apa saja yang didapatkan dari asuransi travelling itu,apa saja yang dicover, biaya inap, rumah sakit mana saja," ujar dia.

Selain menyiapkan asuransi untuk Mudik Lebaran, Mike juga mengingatkan mengenai biaya-biaya lain terkait mudik. Kadang saat mudik juga dapat terganggu bila ada hal tak terduga misalkan harus menyewa hotel, ada keluarga yang sakit sehingga harus lebih lama menginap di kampung halaman. Hal itu kadang membutuhkan dana tambahan.

Oleh karena itu, menurut Mike, dana tunjangan hari raya (THR) juga dapat digunakan untuk persiapan dana cadangan atau tambahan. Selain itu, lebih baik bila dari jauh hari menyiapkan dana tambahan untuk mudik. Dana tambahan bisa ini bisa diambil dari gaji bulanan bila mempersiapkan jauh-jauh hari.

"Dana tambahan bisa disimpan di tabungan sehingga mudah untuk mengambil lewat anjungan tunai mandiri (ATM). Kalau tidak membawa kartu kredit. Namun harus hati-hati memakai kartu kredit agar tidak membuat anggaran jebol saat melunasi utang kartu kredit," tambah dia.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.