Sukses

Hadapi Mudik, Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah Siap Beroperasi

Pengoperasian Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah diharapkan kemacetan lalu lintas berkurang pada saat arus mudik dan balik saat Lebaran.

Liputan6.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan pejabat instansi terkait meninjau dan melakukan uji coba Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah. Jalan tol dengan panjang sekitar 41,6 kilometer ini diklaim sudah siap dilalui pemudik Lebaran tahun 2017 dengan gratis.

"Alhamdulillah, jalan sudah bisa dioperasikan sebagai dukungan jalur alternatif mudik Lebaran 2017," kata Erry Nuradi di Medan, Rabu (14/6/2017).

Menurut rencana jalan tol itu difungsikan mulai H-10 hingga H+10 Idul Fitri. Dengan dibukanya jalan tol Kualanamu-Sei Rampah diharapkan kemacetan lalu lintas berkurang pada saat arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

"Dengan kelancaran, kenyamanan dan keamanan mudik dan balik Lebaran di Sumut juga semakin terjaga baik. Karena masih uji coba, tentunya masih ada kekurangan di sana-sini, sehingga masyarakat perlu hati-hati," ujar dia.

Direktur Utama Jasa Marga Tol Kualanamu Agus Suharjanto menyebut, Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah memang sudah bisa dioperasikan sementara. Hal ini untuk keperluan membantu kelancaran lalu lintas arus mudik dan balik.

Agus mengakui, karena uji coba juga, maka lalu lintas di jalan tol itu masih satu arah yakni digunakan pertama untuk arus mudik dan kemudian ditutup untuk digunakan sebagai arus balik. Jasa Marga menetapkan arus mudik mulai 15 Juni hingga 27 Juni dan balik 28 Juni hingga 2 Juli.

"Namun ada permintaan jalan tol itu dioperasikan tanggal 19 Juni. Tentunya itu semua tergantung kesepakatan seluruh jajaran terkait," ujar Agus.

Dengan selesainya Jalan Tol Kualanamu -Sei Rampah, maka tinggal penyelesaian Jalan Tol Sei Rampah-Tebingtinggi yang sepanjang 8,7 km. "Kalau Rampah-Tebibgtinggi selesai, maka jarak Medan-Tebingtinggi 61,7 km itu selesai," ujar dia.

Direktur Direktorat Lantas Polda Sumut Kombes Pol Raden Heru Prakoso membeberkan, penetapan kapan dibukanya sementara Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah itu baru dipastikan pada hari ini.

"Hari ini baru akan ada rapat koordinasi semua unsur terkait pengoperasian Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah itu," ujar Raden Heru.

Heru mengakui, pengoperasian Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah itu dipastikan sangat membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran. Dia menuturkan, jalan tol itu akan menjadi alternatif kedua lalu lintas Medan-Tebingtinggi setelah ada melalui Galang. (Reza Efendi)

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.