Sukses

Bos BEI Paparkan Kinerja Bursa Saham Selama 2 Tahun

Selama dua tahun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik sekitar 900 poin.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengklaim, kinerja pasar modal positif dalam dua tahun terakhir. Sejumlah upaya telah dilakukan supaya pasar modal terus tumbuh.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, selama dua tahun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik sekitar 900 poin. IHSG naik dari sekitar level 4.910 menuju level 5.800.

"Alhamdulilah, selama dua tahun, kita berhasil mengatasi turbulence besar di awal pertengahan 2015. Bukan hanya krisis di China saja, tapi memang indeks mencapai hampir titik nadir. Kita (direksi) masuk di indeks 4.910, dan Alhamdulilah per hari ini kemarin kita bahkan 5.800. Artinya indeks hampir 900 poin naiknya," jelas dia di Gedung BEI Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Rata-rata nilai transaksi harian pun meningkat. Dari sekitar Rp 6 triliun menjadi sekita Rp 8 triliun. "Rata-rata nilai transaksi pertama sekitar Rp 6 triliun sekarang average Rp 8 triliun," ujar dia.

Kapitalisasi pasar di BEI pun tercatat meningkat drastis dari sekitar Rp 5.000 triliun pada pertengahan tahun 2015 menjadi Rp 6.250 triliun.

Tito menuturkan, kinerja ini tak terlepas dari upaya BEI meningkatkan kepercayaan pada para investor. Sejalan dengan itu, BEI juga berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pasar modal.

"Buat kami sebagai regulator, SRO yang penting bagaimana confidence market naik. Bagaimana penyebaran pengetahuan literasi, inkluasi, daripada pasar modal, mengenai pasar modal naik," tutup dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.