Sukses

Tol Fungsional Buat Mudik Dibuka Gratis Mulai 19 Juni

Khusus untuk ruas Pejagan sampai Semarang, Kementerian PUPR terus berupaya merapikan ruas tol dari debu.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memfungsikan sejumlah ruas tol untuk keperluan mudik Lebaran tahun ini. Karena fungsional, maka tol tersebut dibuka gratis untuk para pemudik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry TZ mengatakan, jalan tol fungsional ini akan dibuka pada Senin 19 Juni 2017. Pembukaan ruas tol ini di bawah koordinasi pihak kepolisian.

"Jadi Senin semua, tanggal 19 Juni semua. Dari Lampung, Palembang Senin," kata dia kepada Liputan6.com, di Jakarta, Minggu (18/6/2017).

Tol yang beroperasi secara fungsional untuk Trans Jawa dan Trans Sumatera. Untuk Trans Jawa antara lain dari ruas Pejagan sampai Semarang. Total panjang sekitar 110 kilometer (km). Kemudian, Tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga. Serta, sepanjang 227 km dari Semarang hingga Surabaya.

Kemudian untuk jalan tol fungsional Trans Sumatera ialah Bakauheni-Terbanggi Besar untuk Paket 2 Segmen Lematang-Kotabaru, Palembang-Indralaya untuk Seksi 1 Palembang-Pamulutan, Medan-Binjai untuk Seksi 3 Semayang-Binjai.

Untuk Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang difungsikan yakni Seksi 2 Parbarakan-Kualanamu, Seksi 3 Parbarakan-Lubuk Pakam, Seksi 4 Lubuk Pakam-Perbaungan, Seksi 5 Perbaungan-Teluk Mengkudu, Seksi 6 Teluk Mengkudu-sei Rampah.

Lebih lanjut, Herry menerangkan, tugas daripada Kementerian PUPR ialah menyiapkan infrastruktur untuk mudik. Sementara itu, kepolisian akan mengkoordinasikan lalu lintas termasuk pembukaan tol fungsional.

Khusus untuk ruas Pejagan sampai Semarang, Herry mengatakan saat ini Kementerian PUPR terus berupaya merapikan ruas tol ini. Terutama, untuk menghilangkan debu daripada ruas tol.

"Jadi upaya kita bersihkan terus, ditambah cairan untuk menghilangkan debunya," tutup dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.