Sukses

Presiden Jokowi Resmikan Rusunawa Murah di Temanggung

Nilai kontrak pembangunan rusunawa tersebut mencapai Rp 22,3 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Temanggung, Jawa Tengah. Rusunawa tersebut diresmikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan,‎ rusunawa ini di bangun pada 2016 oleh Satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun Staregis, Direktorat Rumah Susun, Ditjen Penyediaan Perumaan Kementerian PUPR dengan kontraktor PT Brantas Abipraya. Nilai kontrak pembangunan rusunawa tersebut mencapai Rp 22,3 miliar.

Dia menjelaskan, rusunawa tersebut terdiri dari 5 lantai dengan tipe unit 24 berjumlah 114 unit yang dapat dihuni 228 jiwa. "Diperuntukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," lanjut dia, seperti dikutip Minggu (18/6/2017).

Rusunawa telah dilengkapi dengan Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) dan dibangun di atas lahan seluas 2.638 meter persegi yang disewakan Rp 100 ribu per bulan. Pengelolaannya akan dilakukan pemda yang diperuntukkan bagi pekerja lajang dan berkeluarga.

Pada 2017 di Provinsi Jawa Tengah, Kementerian PUPR membangun sebanyak 15 tower dengan anggaran sebesar Rp 260 miliar. "Dari 15 tower tersebut salah satunya di Kabupaten Temanggung," ungkap dia.

Sedangkan secara nasional katanya, pada tahun 2017 Kementerian PUPR akan membangun sebanyak 116 tower dengan anggaran sebesar Rp 2,4 triliun sebagai bagian dari upaya mewujudkan program sejuta rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.