Sukses

Menhub Ingin Perluasan Bandara Sultan Hasanuddin

Rencana itu Menhub Budi Karya utarakan setelah melihat penambahan jumlah penumpang yang signifikan di Bandara Sultan Hasanuddin.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengungkapkan rencananya memperbesar Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar Sulawesi Selatan. Rencana itu ia utarakan setelah melihat penambahan jumlah penumpang yang signifikan di bandara ini.

Budi mengungkapkan jumlah penumpang di Bandar Internasional SultanHasanuddin meningkat sebesar 18 persen.

"Saya sangat gembira melihat perkembangan bandara di Makassar ini karena pertumbuhannya begitu besar yaitu 18 persen, rata-rata nasional itu 9 persen. Jadi yang membuat kenaikan di pusat  sampai 9 persen  itu salah satunya karena bandara ini," kata Budi, seperti dikutip Minggu (18/6/2017).

Budi mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk rencananya itu. "Oleh karenanya kita sudah berdiskusi tadi dengan pak Gubernur, bandara ini akan kita perbesar," terang dia.

Kenaikan jumlah penumpang angkutan udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin disebabkan banyak alasan. Salah satunya pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan yang begitu pesat.

"Banyak hal. Salah satunya Sulsel sendiri pertumbuhan ekonominya sangat baik, saya dengar inflasinya malah minus ya. Jadi memang kegiatan ekonomi di Sulsel sangat baik," Budi menjelaskan.

Selain perkembangan ekonomi di Sulsel yang pesat, alasan lainnya, menurut Menhub, karena secara umum perkembangan ekonomi di Indonesia Timur meningkat. Perkembangan itulah yang membuat pengguna angkutan udara juga ikut bertambah.

"Di daerah (Indonesia) timur juga berkembang baik. Di daerah timur juga kita banyak membangun bandara, dan saudara-saudara kita dari Ambon, Papua secara ekonomi meningkat sehingga kemampuan saudara-saudara kita untuk menggunakan fasilitas udara yang bisa dalam waktu singkat mencapai tujuan ikut meningkat," tutur Budi.

Budi kemudian mengungkapkan apresiasi PT Angkasa Pura I (AP I) karena mampu melayani para penumpang dengan baik serta mampu menjaga keamanan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan sangat baik.

"Harapannya dengan penambahan penumpang ini AP I juga responsif terhadap penumpang. Saya juga mengapresiasi AP I karena telah melakukan kegiatan pelayanan yang lebih baik. Tadi saya mendapat laporan dari pak Gubernur, dan beberapa duta besar juga yang datang ke sini cukup puas dengan pelayanan AP I," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.