Sukses

Daftar Pesawat Pimpinan Negara Paling Mahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi hal yang lumrah apabila seorang pemimpin negara dilengkapi dengan berbagai fasilitas terbaik saat sedang menjabat. Mulai dari tempat tinggal di istana, penjagaan ketat hingga pesawat pribadi yang bisa digunakan kala harus bekerja keluar negeri.

Dari banyak pesawat kepresidenan milik para pemimpin negara, ada beberapa di antaranya yang ditaksir memiliki harga fantastis.

Perusahaan pesawat jet aircharter.co.uk menelisik harga dari masing-masing pesawat kepresidenan dari para pemimpin negara ini. Berikut ulasannya melansir Telegraph.co.uk, Senin (19/6/2017):

8. Pesawat Kepresidenan Brunei Darussalam
Tipe: Airbus A340
Pemimpin negara: Hassanal Bolkiah
Harga: 170 juta pound sterling atau Rp 2,8 triliun (1 pound sterling = Rp 16.970)


Memiliki nama panggilan istana terbang, pesawat milik sultan Brunei ini telah diubah secara total dan dilapisi dengan emas serta banyak batu berharga. Pesawat juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar cadangan yang bisa dipakai sewaktu-waktu. Hal ini membuat pesawat bisa terbang hingga 15 ribu kilometer.

7. Pesawat Kepresidenan Prancis
Tipe: Airbus A330-200
Pemimpin negara: Emmanuel Macron
Harga: 210 juta pound sterling atau Rp 3,5 triliun

Pesawat kepresidenan milik Prancis ini memiliki kamar tidur, kamar rias, dapur, kantor dan ruang rapat yang kedap suara. Pesawat ini juga memiliki ruangan khusus untuk jurnalis yang diundang meliput bersama presiden.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

1 dari 4 halaman

Pesawat kenegaraan Jerman

6. Pesawat Kenegaraan Jerman
Tipe: Airbus A340
Pemimpin negara: Angela Merkel
Harga: 235 juta pound sterling atau Rp 3,9 triliun

Pesawat ini telah digunakan oleh Kanselir Jerman sejak 2011. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas, seperti kamar tidur hingga perlengkapan senjata untuk menjaga pemimpin negara ini kala bepergian.

Selain pesawat kepresidenan ini, Kanselir Jerman juga memiliki sejumlah pesawat lain, termasuk di antaranya dua Airbus A319 dan Bombardier Global 5000. Semua pesawat dilengkapi dengan teknologi pertahanan anti-rudal. Sebuah Eurocopter AS532 juga digunakan untuk perjalanan domestik.

5. Pesawat Kepresidenan China
Tipe: Boeing 747-400
Pemimpin negara: Xi Jingping
Harga: 195 juta pound sterling atau Rp 3,3 triliun

Presiden China ternyata tidak memiliki pesawat kepresidenan sendiri, melainkan menggunakan dua Boeing 747-400 milik Air China. Ketika pemimpin negara ini akan terbang, pesawat akan terlebih dahulu diperiksa oleh dinas keamanan negara. Kursi kabin dilepas untuk memberi ruang bagi ruang tamu, kamar tidur dan kantor.

2 dari 4 halaman

Air Force One

4. Air Force One
Tipe: Boeing 747-200B
Pemimpin negara: Donald Trump
Harga: 780 juta pound sterling atau Rp 13,2 triliun

Pesawat ini dilengkapi dengan pusat komunikasi yang lengkap dan aman, ruangan medis, dan kabin terpisah untuk wartawan. Pesawat juga memiliki gym, perkantoran dan kamar tidur tipe suite. Air Force One memiliki kemampuan untuk mengisi bahan bakar di udara.

3. Pesawat Kepresidenan Rusia
Tipe: IL-96-300PU
Pemimpin negara: Vladimir Putin
Harga: 390 juta pound sterling atau Rp 6,6 triliun

Pesawat andalan presiden Rusia ini merupakan pesawat tempur bertubuh lebar buatan Rusia, lengkap dengan teknologi yang memungkinkan pesawat tidak terlacak radar. Bagian kabin telah dimodifikasi dengan permadani dan emas. Ada juga gym dan kantor untuk mendukung kebutuhan presiden.

3 dari 4 halaman

Pesawat Perdana Menteri Inggris

2. Pesawat Perdana Menteri Inggris
Tipe: Airbus A330
Pemimpin negara: Theresa May
Harga: 196 juta pound sterling atau Rp 3,3 triliun

Pesawat yang digunakan perdana mentri inggris dalam pertemuan resmi ini dimodifikasi dengan biaya 15 juta pound sterling. Terdapat zona VIP kecil di dekat bagian depan kabin dan kelas ekonomi di belakang untuk para jurnalis yang ikut dalam perjalanan. Pesawat juga dilengkapi dengan 58 kursi bergaya premium untuk pendamping menteri dan staf pemerintah Inggris.

1. The Queen's fleet
Tipe: berbagai pesawat
Pemimpin negara: Ratu Elizabeth
Harga: 77,5 juta pound sterling atau Rp 1,3 triliun.

Apabila ratu Inggris sedang bepergian, ia tidak hanya menggunakan satu pesawat melainkan satu skuadron angkatan udara Inggris. Beberapa pesawat yang dipakai apabila sang ratu bepergian antara lain, dua helikopter, 10 pesawat angkut dan satu pesawat jet untuk anggota kerajaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Perbaikan Landasan Pacu Bandara Halim Butuh Waktu 8 Bulan
Artikel Selanjutnya
Kenaikan Penumpang Bandara Halim Capai 24 Persen