Sukses

5 Trik agar Hemat Kebutuhan Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan rumah tangga yang semakin hari semakin tinggi membuat kita harus lebih bijak dalam mengelola pendapatan bulanan.

Sudah selayaknya kita menaruh perhatian untuk mengatur pengeluaran agar kebutuhan rumah dapat diseimbangkan dengan pendapatan bulanan kita.

Ada beberapa faktor yang harus kita coba kendalikan, sehingga kebutuhan rumah kita dapat lebih dikendalikan. Berikut ini beberapa cara agar bisa lebih berhemat dalam pengeluaran untuk rumah kita, seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (20/6/2017):

1. Perbanyak frekuensi belanja di pasar tradisional

Belanja di pasar modern memang mengasyikkan, selain tempatnya yang nyaman dan juga penataan sistem belanja yang modern pula. Belum lagi penawaran spesial dari pengelola yang terkadang membuat kita tergiur untuk pergi dan berbelanja di sana.

Akan tetapi, sadarkah Anda selama ini ketika berbelanja di pasar modern atau supermarket, Anda banyak membeli produk yang sebenarnya bukan menjadi kebutuhan, bahkan tak jarang produk itu di luar daftar belanja.

Malah sering tanpa sadar harga atau jumlah produk yang kita beli melampaui jumlah yang seharusnya ada di datar kebutuhan belanja pokok kita. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih memperbanyak belanja di pasar tradisional, walaupun memang masih banyak pasar tradisional yang kurang nyaman bahkan cenderung kotor. Namun, membeli kebutuhan pokok di pasar tradisional akan banyak membantu Anda untuk berhemat.

2. Menghemat pemakaian listrik rumah Anda

Menghemat pemakaian listrik rumah juga merupakan cara yang bisa menghemat pengeluaran. Saat ini, banyak produsen lampu pijar yang sudah memproduksi lampu hemat listrik seperti LED. Lampu ini diklaim dapat menghemat listrik sampai dengan 70 persen. Tidak ada salahnya Anda mengganti lampu di rumah dengan lampu jenis ini.

Walaupun memang harganya relatif lebih mahal dari lampu neon biasa, Anda juga bisa mengatur penggunaan perangkat rumah tangga yang banyak mengonsumsi listrik, seperti magic com atau kompor listrik dan pemanas air. Perangkat berikut akan banyak mengkonsumsi listrik.

Atur penggunaannya dan bila perlu mengganti dengan perangkat lainnya yang tidak menggunakan listrik, misalkan cobalah mulai memanaskan air dengan kompor gas. Gunakan apabila dalam keadaan tertentu saja.

3. Minimalkan biaya kendaraan

Sudah mulai saatnya kita untuk bijak menggunakan kendaraan pribadi kita. Dengan menggunakannya pada saat yang tepat, akan membantu Anda untuk berhemat.

Gunakan mobil bila memang bepergian dengan jumlah anggota keluarga lebih dari dua, menggunakan transportasi umum pada saat kita bepergian sendiri atau berangkat bekerja sepertinya akan jauh lebih berhemat daripada kita harus membeli bahan bakar untuk mobil kita.

Biasakan berjalan kaki apabila tujuan kita tidak berjarak jauh. Sering kita terbiasa dengan menggunakan motor walaupun terkadang tujuannya dekat dan mungkin akan lebih baik jika kita tempuh dengan berjalan kaki. Ubahlah kebiasaan ini, selain baik untuk kesehatan, kebiasaan berjalan kaki juga akan membantu Anda untuk berhemat.

1 dari 2 halaman

Pola Hidup Sehat

4. Pola hidup sehat

Cobalah untuk hidup sehat, dengan pola makan dan banyak berolahraga. Kita tahu pada saat kita sakit, kita akan mengeluarkan banyak biaya untuk kesembuhan kita. Selain itu, pekerjaan kita juga akan terbengkalai selama sakit.

Banyak kerugian yang ditimbulkannya. Belum lagi dengan biaya rumah sakit apabila kita harus menjalani rawat inap. Kita yakin tidak akan ada orang yang mengharapkan dirinya untuk sakit.

Oleh karena itu, dengan mempertahankan pola hidup sehat, selain baik bagi tubuh kita sendiri, hal ini juga dapat menghemat pengeluaran kita dan kita bisa mengalokasikan dana kita untuk hal-hal yang lebih berharga, seperti menabung contohnya.

5. Kurangi hal yang tidak bermanfaat

Tanpa disadari, kita sering melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Biasanya hal ini menyangkut keinginan kita saja dan bukan berdasarkan kepada kebutuhan. Mengurangi bukan berarti menghilangkan sama sekali, tetapi lebih bersifat mengaturnya.

Berikan jarak yang agak panjang apabila ingin bertamasya bersama keluarga dan kurangi jalan-jalan di pusat perbelanjaan, seperti mal dan pameran. Cobalah ubah tujuan Anda dengan keluarga seperti jalan-jalan di tempat yang bisa mengedukasi anak.

Seperti pergi ke museum, makan bersama di taman kota dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, selain pergi ke pusat perbelanjaan.

Hemat Pangkal Kaya

Berhemat adalah sebuah kata yang mudah untuk diucapkan, tetapi sulit untuk dilakukan. Perlu kemauan dan disiplin pribadi yang tinggi untuk menjalankannya. Namun bukankah pepatah juga mengatakan "Hemat Pangkal Kaya"? Yang berarti dengan berhemat, kita akan bisa melakukan banyak hal untuk menjadikan hidup kita jadi lebih baik.

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Malas Kerja Usai Libur Lebaran? Ini 6 Tips Bangkitkan Semangat
Artikel Selanjutnya
Jurus Hadapi Dompet Tipis Usai Lebaran