Sukses

Pertamina Siapkan SPBU Portabel di Tol Fungsional

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah menyediakan ‎fasilitas pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di jalan tol yang belum jadi, tetapi sudah dioperasikan (fungsional) saat mudik 2017. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan pemudik.

Direktur Utama Pertamina Elia Masa Manik mengatakan, Pertamina sudah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan yang melakukan mudik, termasuk di jalan tol fungsional.

"Kami sudah lakukan persiapan, di tol yang masih belum selesai," kata Elia, saat menghadiri pelepasan mudik bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (19/6/2017).

Elia menuturkan, untuk menyediakan BBM di tol yang belum rampung dibangun, Pertamina telah menyiagakan mobil tangki yang berperan sebagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), karena dilengkapi dengan alat penyaluran BBM ke kendaraan (dispanser).‎ "Itu kami sudah tempatkan beberapa dispenser. Itu sudah ada petanya," ucap Elia.

Untuk musim mudik 2017, Pertamina telah mengerahkan 9 unit mobil tangki untuk membantu kelancaran ‎penyaluran BBM. Selain itu, Pertamina juga menyediakan 50 outlet kios Pertamax di sepanjang jalur mudik, outlet tersebut menjual BBM ‎dalam kemasan.

‎‎"Iya tol tol fungsional dari Brexit (Brebes)- Gringsing. Tiga atau lima,"‎ ujar Elia.

‎Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah meningkatkan kapasitas jalan, agar kemacetan saat musim mudik Lebaran 2017 dapat dihindari. Khususnya di Jawa, ada 337 kilometer (Km) jalan tol fungsional dioperasikan pada momen tersebut.

Menteri‎ Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, 377 Km tol Trans Jawa tersebut terdiri dari ruas Brebes - Weleri Jawa Tengah sepanjang 110 Km dan 227 Km ruas tol Semarang -Surabaya.

"Trans Jawa 337 km, 110 Km Brebes- Weleri, Semarang-Surbaya, ini akan difungsikan tahun ini," ucap Basuki.

Basuki mengatakan, dengan difungsikan tol Brebes-Weleri akan mengurangi kemacetan, karena bisa menghindari beberapa kota yaitu Berebes, Tegal, Pekalongan dan Batang.‎ Di ujung tol tersebut juga terdapat enam pintu tol yang mengarahkan ke arah utara dan selatan, sehingga kemacetan bisa terpecah.

‎"‎Diharapkan dapat mengurangi kemacetan bisa menghindari Brebes,Tegal, Pekalongan dan Batang," ujar dia.

Basuki mengungkapkan, selain menambah kapasitas jalan dengan tol fungsional‎, juga dilakukan penambahan tempat istirahat untuk kenyamanan pemudik dan rabu jalan untuk keselamatan.

"Pantura banyak jalur mudik, disiapkan 6 rest area di jalan tol," tutur Basuki.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Pertamina Beri Kejutan ke Pelanggan Pertamax Cs di 52 SPBU
Artikel Selanjutnya
Pertamina Bagi-Bagi Pertamax Gratis di Hari Pelanggan Nasional