Sukses

3 Tanda Wawancara Kerja Berjalan Mulus

Kenali sinyal-sinyal ini menandakan wawancara kerja Anda berhasil. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang akan Anda lakukan ketika wawancara kerja telah selesai? Pasti Anda akan bertanya-tanya apakah wawancara kerja berjalan dengan sukses atau gagal.

Memang proses wawancara kerja menjadi hal yang paling mendebarkan. Terlebih ketika Anda sudah keluar dari ruangan wawancara kerja untuk dipersilahkan pulang dan disuruh menunggu bahwa perusahaan berjanji akan mengontak Anda kembali ketika diterima.

Sebenarnya Anda sudah bisa mengetahui hasil dari wawancara kerja bahwa diterima atau tidak lewat beberapa sinyal-sinyal berikut ini pada saat interview berlangsung.

Apa saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

1. Negosiasi gaji

Jika pada saat proses wawancara kerja Anda mendapatkan pertanyaan “Berapa gaji Anda sekarang?” atau “Berapa gaji yang Anda inginkan dari perusahaan kami?”

Itu menandakan bahwa tahapan ini merupakan di mana Anda harus mengambil sebuah keputusan, apakah siap ambil atau lepas kesempatan baru ini.

Namun, biasanya ketika HRD sudah menanyakan perihal gaji, ini sudah bisa dikatakan bahwa Anda sudah 90 persen lolos dalam tahap wawancara kerja.

Tapi, perlu diingat Anda harus tetap menjawabnya dengan bijak, sebab negosiasi gaji hanyalah sinyal-sinyal Anda berhasil sebelum surat kontrak kerja diserahkan.

2. “Kapan Anda bisa bergabung dengan kami?”

Jika di akhir proses wawancara kerja Anda mendapatkan pertanyaan “Kapan Anda bisa bergabung dengan kami?” Selamat! Inilah tanda positif dari wawancara kerja telah berhasil dan hampir dapat dipastikan Anda bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.

Biasanya, jika Anda masih bekerja di perusahaan sebelumnya, pihak HRD dari perusahaan akan memberikan kesempatan untuk merampungkan pekerjaan Anda di perusahaan tersebut, lalu setelah semuanya rampung dan Anda siap bekerja di tempat yang baru.

3. Mengajak bertemu dengan rekan kerja lainnya

Wawancara kerja tidak hanya berakhir pasa momen tanya jawab saja. Walaupun jarang terjadi, ketika wawancara sudah selesai, pihak HRD akan membawamu keliling kantor untuk memperkenalkan Anda dengan rekan kerja lainnya.

Hal tersebut menandakan bahwa peluang Anda untuk diterima kerja di perusahaan tersebut semakin besar.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.