Sukses

Jangan Sampai THR-mu Habis Gara-Gara 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Lebaran, terdapat satu momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap karyawan yaitu Tunjangan Hari Raya atau THR!

Sayangnya, tak sedikit karyawan yang kurang pandai mengelola uang THR-nya. Alhasil, mereka mengeluh bahwa uang THR tidaklah cukup untuk menutupi kebutuhan.

Mungkin bukannya tidak cukup, tetapi kamu memakainya untuk 5 hal sia-sia berikut ini seperti dikutip dari Swara Tunaiku:
 
1. Gonta-ganti gadget

Rasanya tidak akan pernah habis lho kalau ingin mengikuti tren gadget. Dan hal ini terasa makin sulit bagi kamu yang sudah memasukkan gonta-ganti gadget dalam gaya hidup. Hidup belum lengkap jika belum membeli gadget terbaru. Tak mau dong ketinggalan tren.

Ingat bahwa setiap saat selalu ada gadget yang diluncurkan.  Jika uang THR dipakai untuk memperbarui gadget, bagaimana dengan kebutuhan lainnya? Dengan memahami hal ini kamu bisa lebih hati-hati dalam menggunakan uang THR.
 
2. Sering traktir teman

Banyak cara untuk berbagi rejeki, salah satunya adalah dengan mentraktir teman. Namun, ingatlah bahwa temanmu juga mendapatkan jatah THR lho. Sehingga tak ada masalah jika tak mentraktir mereka. Alokasikan budget traktir teman untuk kebutuhan primer.
 
3. Bukber di luar

Meningkatnya godaan saat bulan puasa akan diiringi dengan meningkatnya pengeluaran. Sepertinya tidak lucu jika uang THR habis untuk memenuhi kebutuhan makan selama puasa.

Ada baiknya kamu menghindari kebiasaan makan di luar karena bisa membuat THR-mu berkurang. Terlalu lapar mata bisa menyebabkan membeli makanan terlalu banyak. Jadi boros deh karena sering buka puasa di luar.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belanja pakai kartu kredit


 
4. Belanja dengan kartu kredit

Sebuah tantangan besar bagi pemilik kartu kredit adalah untuk menahan diri agar tak belanja berlebihan. Apalagi kemudahan pembayaran yang ditawarkan kartu kredit membuat siapa saja tergiur.

Jika tak hati-hati, bisa saja uang THR beralih menjadi uang untuk menutup pembayaran kartu kredit.
 
5. Tergoda diskon

Tampil percaya diri dengan baju baru sudah menjadi ciri khas Lebaran. Sehingga saat banyak diskon di pusat perbelanjaan, kamu pun mudah tergoda! Ingat, kamu harus memenuhi kebutuhan, bukan memenuhi keinginan.

Ternyata inilah 5 hal sia-sia yang bisa menyebabkan uang THR-mu ludes. Selalu berpikir berkali-kali deh sebelum membelanjakan uang THR-mu.

Baca juga: Begini cara kamu menggunakan THR dilihat berdasarkan zodiak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.