Sukses

Kurangi Kecelakaan, Menhub Lepas Mudik Gratis Kapal Laut

Mudik dengan menggunakan kapal laut ini diberangkatkan empat kali dari Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melepas peserta mudik gratis dengan menggunakan kapal laut di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Peserta mudik gratis yang diberangkatkan pada Rabu ini mencapai 2.069 penumpang dengan jumlah motor yang diangkut tercatat 971 motor.

"Ini bagus sekali, kapal Dobonsolo milik Pelni ini akan berangkat dari sini jam 16.00 WIB dan akan tiba di Semarang pada 06.00 WIB esok harinya," kata Budi Karya di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Sebelum melepas mudik gratis menggunakan kapal ini, Budi Karya sempat meninjau terlebih dahulu ke dalam kapal, mulai dari kamar-kamar tempat para pemudik beristirahat, hingga dek atau geladak tempat sepeda motor diparkirkan dengan rapi.

Dia juga berbincang-bincang dengan para peserta mudik gratis yang sudah ada di dalam kapal. Melihat antusiasme peserta mudik gratis, Menhub mengaku berterimakasih, karena dengan ini mampu mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya selama arus mudik.

"Mereka senang sekali, ada yang tujuan ke Demak, Boyolali, dan lain sebagainya. Dengan naik kapal ini, mereka paling tidak nyicil perjalanan sambil istirahat di dalam kapal, sampai di Semarang lanjut ke kota masing-masing," papar dia.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan, mudik dengan menggunakan kapal laut ini diberangkatkan empat kali dari Jakarta, yaitu tanggal 17, 19, 21 dan 23 Juni 2017. "Hari ini okupansi bagus, sekitar 80 persen, malah lusa okupansinya lebih tinggi, mencapai 90 persen," tegasnya.

Budi Karya memastikan program mudik gratis dengan menggunakan kapal laut ini setiap tahun akan terus diadakan. Untuk tahun depan, bahkan ia berjanji untuk melakukan penambahan kuota.

Sebelumnya pada 9 Juni 2017, Direktur Angkutan dan Multi Moda Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana mengungkapkan mudik dengan menggunakan kapal memiliki beberapa keuntungan.

"Jadi peserta tinggal bawa motornya masuk kapal, motornya taruh di dek, pemiliknya naik ke atas, bisa santai, istirahat sambil lihat pemandangan, yang mau mancing bisa sambil mancing," kata Cucu.

Begitu juga ketika sampai di pelabuhan tujuan, penumpang bisa langsung membawa motornya keluar dari kapal dan keluar pelabuhan menuju kampung halaman. Adapun keberangkatan mudik gratis kapal Ro-ro ini akan diberangkatkan pada 17,19,21 dan 23 Juni 2017.

Saat ini ada dua tujuan mudik gratis menggunakan kapal Ro-ro yaitu dari Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang, Lampung. Sampai saat ini sudah ada yang mendaftar sebanyak 1.646 penumpang dengan 823 motor dari total kuota 10 ribu penumpang dan 5.000 motor.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.