Sukses

BTN Salurkan KPR Subsidi Kepada Imam dan Karyawan Masjid Istiqlal

KPR tersebut disalurkan melalui skema syariah (iB) dengan uang muka ringan dan cicilan hanya Rp 775.000 per bulan.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara (BTN) menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi kepada para imam, mu'adzin dan karyawan Masjid Istiqlal. KPR tersebut disalurkan melalui skema syariah (iB) dengan uang muka ringan dan cicilan hanya Rp 775.000 per bulan.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, pemberian KPR subsidi iB melalui unit usaha syariah (UUS) perseroan ini sebagai bentuk kontribusi Bank BTN meningkatkan kesejahteraan umat. UUS BTN memberikan KPR dengan uang muka 1 persen dan margin cicilan sebesar 5 persen selama 20 tahun.

"Mudah-mudahan proyek ini akan menjadi model untuk diterapkan di seluruh Indonesia dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Peduli Umat. Model ini juga bisa diterapkan lintas umat beragama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan antar umat," ujar dia di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Dia menjelaskan, bagi para mu'adzin dan karyawan Masjid Istiqlal, BTN bersama dengan developer menghadirkan perumahan khusus. Perumahan tersebut antara lain Perumahan Panorama Kemang yang terletak di Parung, Bogor yang dibangun  PT Multi Griya Propertindo.

Hunian tersebut dibangun di atas lahan seluas 135 hektar (ha). Secara total nantinya akan dibangun sebanyak 1.400 unit rumah yang dijual dengan harga Rp 141 juta per unit. Hingga saat ini tercatat telah dibangun 362 unit rumah di mana 330 unit diantaranya telah terjual.

Selain itu, para imam, mu'adzin dan karyawan Masjid Istiqlal juga akan diberikan total bantuan sekitar 17,5 persen dari total harga jual rumah atau sekitar Rp 24,5 juta per orang. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan dari BUMN sekitar Rp 17,5 juta per orang, bantuan uang muka pemerintah dan bantuan lain.

"Dengan adanya bantuan tersebut, BTN akan memberikan KPR BTN subsidi iB sekitar Rp 116,75 juta per orang," kata dia.

Dan untuk tahap pertama, BTN akan merealisasikan KPR bagi 20 orang yang terdiri atas 10 orang imam dan 10 mu'adzin. Kemudian untuk tahap kedua BTN akan merealisasikan pemberian KPR BTN subsidi iB untuk sekitar 80 karyawan Masjid Istiqlal.

"Sehingga akan ada 100 orang yang akan dibantu BTN melalui KPR BTN subsidi iB," tandas dia.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.