Sukses

Wali Kota London Ingin Sistem Transportasi Kotanya Bebas Emisi

Targetnya, 80 persen transportasi yang dipakai masyarakat adalah sepeda, berjalan kaki, atau transportasi umum pada 2041.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota London Sadiq Khan memiliki rencana ambisius untuk menjadikan sistem transportasi kota yang dipimpinnya bebas (zero) emisi pada 2050. Rencana ini tertuang dalam draf Rencana Transportasi Sadiq Khan yang terdiri dari beberapa proposal.

Dikutip dari laman CNBC, Kamis (22/6/2017), langkah awal menjadikan sistem transportasi di London nol emisi pada 2050, dimulai pada jaringan bus kota yang ditargetkan terlaksana di 2037.

Rencana lainnya, memotong mobil yang beredar di jalan hingga 3 juta setiap hari. Targetnya 80 persen transportasi yang dipakai masyarakat adalah dengan bersepeda, berjalan kaki atau transportasi umum pada 2041.

"Kami tidak dapat mengambil pendekatan lama yang sama untuk melakukan perjalanan seiring pertumbuhan populasi kami yang meningkatkan tekanan pada jaringan (transportasi) kami," kata Khan dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan, visi jangka panjang yang ia susun menargetkan pemakaian sepeda, berjalan kaki dan transportasi umum tanpa emisi menjadi kehidupan masyarakat sehari-hari.

"Hanya dengan berfokus pada perjalanan aktif, menyediakan transportasi zero-emission yang efisien dan mengurangi ketergantungan kita pada mobil, dapatkah kita memperbaiki kondisi kesehatan London, mendukung pertumbuhan ekonomi, memberikan rumah dan pekerjaan, dan menjadikan kota kita tempat tinggal yang lebih baik lagi," dia menambahkan.

Paul Morozzo, juru kampanye udara bersih di Greenpeace, menyambut baik rencana Sadiq Khan tersebut. "Berinvestasi dalam transportasi umum, berjalan kaki dan bersepeda sangat penting untuk mengatasi masalah polusi udara secara efektif," jelas dia.

"Kami juga menantikan prakarsa wali kota dalam jangka pendek, yang akan memperbaiki kualitas udara dengan membantu mengurangi kendaraan diesel yang bertanggung jawab atas sebagian besar polusi di pinggir jalan yang mengganggu kota kita dan memperluas zona emisi ultra-rendah," dia menambahkan.

London adalah salah satu kota besar yang ingin meningkatkan lingkungan hijaunya. Desember lalu, wali kota dari empat kota besar - Mexico City, Madrid, Paris dan Athena - berjanji untuk melarang kendaraan diesel di jalan pada 2025.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.