Sukses

Meski Diboikot, Qatar Airways Jadi Maskapai Terbaik Dunia

Liputan6.com, Paris - Maskapai asal Qatar, Qatar Airways, dinobatkan menjadi maskapai terbaik di dunia oleh Skytrax. Ini merupakan keempat kalinya Qatar Airways behasil menyabet gelar prestisius tersebut.

Penghargaan diterima dalam 2017 Skytrax World Airline Awards yang berlangsung di sela acara Paris Air Show. Selain mendapat gelar sebagai maskapai terbaik, Qatar Airways juga mendapat beberapa penghargaan lain, di antaranya yaitu Best Business Class, Best First Class Lounge, dan Best MiddleEast Airlines.

"Dalam waktu yang relatif singkat, Qatar Airways telah berkembang menjadi lebih dari 140 destinasi di seluruh dunia, menawarkan tingkat keunggulan layanan yang membantu operator pemenang penghargaan untuk menjadi yang terbaik di dunia," tulis Skytrax seperti dilansir dari website resminya Kamis, (22/6/2017)

Penilaian maskapai terbaik ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa indikator. Pengambilan suara dan penentuan juara dinilai secara independen oleh otoritas periklanan Inggris (ASA) di tahun 2015 yang mengutamakan kepatuhan, transparansi serta independensi.

Sebanyak 19,8 juta penilaian diikut sertakan dalam survei yang berlangsung dari Agustus 2016 hingga Mei 2017. Total ada 325 maskapai penerbangan yang masuk dalam penilaian yang dilakukan oleh Skytrax, mulai dari maskapai penerbangan internasional terbesar hingga maskapai domestik yang memiliki ukuran lebih kecil.

Penghargaan ini juga menjadi pencapaian sendiri bagi Qatar Airways di tengah kisruh krisis teluk yang tengah melanda negaranya. Minggu lalu, CEO Qatar Airways, Ahmad al-Baker mengatakan bahwa maskapainya tidak terpengaruh oleh keputusan boikot tersebut dari negara-negara Arab.

Qatar Airways masih bisa mengoperasikan sekitar 1.200 penerbangan pada minggu pertama krisis, di mana 90 persen di antaranya berangkat tepat waktu.

Perseroan juga mengumumkan laba bersih Qatar Airways naik hampir 22 persen pada tahun fiskal terakhir. Kenaikan laba bersih ini terjadi sebelum krisis teluk. Selain itu, pencapaian laba bersih Qatar Airways juga bersamaan dengan perayaan 20 tahun Qatar Airways berkiprah di industri penerbangan pada 2017.

Tapi, banyak analis memperkirakan masa depan maskapai yang berbasis di Doha itu diliputi ketidakpastian, di tengah blokade ekonomi oleh sejumlah negara Arab dan lainnya.

Berikut 10 maskapai penerbangan terbaik versi Skytrax:

1. Qatar Airways
2. Singapore Airlines
3. ANA All Nippon Airways
4. Emirates
5. Cathay Pacific
6. EVA Air
7. Lufthansa
8. Etihad Airways
9. Hainan Airlines
10. Garuda Indonesia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.