Sukses

Berakhir Hari Ini, 2 Rest Area Ini Tersedia Penukaran Uang Receh

Untuk waktu penukaran uang receh di rest area akan dilayani mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) memperbanyak lokasi penukaran uang recehan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di saat Lebaran 2017. Tak hanya berlokasi di beberapa landmark kota-kota besar, tempat-tempat umum pun menjadi salah satu pilihan lokasi.

Salah satunya rest area di jalan tol. BI menempatkan mobil penukaran uang di dua rest area di dua ruas jalan tol‎, yaitu Tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan (Cipali).

Dikutip dari data Bank Indonesia, di ruas Tol Jakarta-Cikampek, lokasi penukaran uang ada di rest area kilometer (km) 57 dan ruas Tol Cipali berada di km 102.

Penukaran uang sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak Senin (19/6) hingga Kamis ini (22/6). Untuk jam penukarannya akan dilayani mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Seperti diketahui, dalam Lebaran tahun ini, BI memperkirakan kebutuhan uang tunai akan meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menjelaskan, kebutuhan uang tunai dalam menghadapi Lebaran tahun ini naik sekitar 14 persen. Angka ini tidak jauh berbeda jika dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Memang kecenderungan dalam masa Lebaran dalam 10 tahun terakhir selalu meningkat 14 persen dan tahun ini kecenderungan kita perkirakan sama. Tahun ini kita tambah Rp 167 triliun," kata Agus di Gedung Bank Indonesia.

Dengan adanya penambahan uang tunai yang diedarkan di masyarakat mencapai Rp 167 triliun‎, posisi uang beredar di masyarakat tercatat Rp 691 triliun.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.