Sukses

Kisah Bos Spotify, Drop Out Kuliah Tapi Sukses Jadi Pebisnis

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan sebuah bisnis tak pernah lekang dari inovasi yang terus dilakukan oleh pendirinya. Hal itulah yang menjadi kunci dari kesuksesan perusahaan startup yang menawarkan layanan musik free streaming bernama Spotify. Pendirinya, Daniel Ek, mampu memperkenalkan model bisnis baru yang menguntungkan bagi industri musik yang terus menerus diterpa pembajakan.

Meski kini mampu duduk sebagai CEO dari salah satu perusahaan tersukses dunia, perjuangan panjang harus ditempuh Daniel hingga bisa berdiri di posisinya sekarang. Pria berkepala plontos ini bukanlah lahir dari keluarga berada, ia besar di sebuah kota kecil di Swedia.

Ia lahir dari Ibu yang berprofesi sebagai seorang penyanyi opera dan pianis. Sementara ayah kandungnya, meninggalkan Daniel sejak ia masih kecil. Ayah tirinya bekerja di bidang teknologi. Inilah cikal bakal dari kesukaan Daniel di bidang musik dan teknologi.

Jiwa pengusaha memang sudah diperlihatkan Daniel Ek sejak kecil. Di usianya yang baru 14 tahun, ia membuka bisnis pembuatan

dengan bantuan beberapa temannya yang ahli. Keuntungan dari bisnisnya tersebut ia gunakan untuk membeli video game.

Saat beranjak dewasa, Daniel berhasil masuk kuliah di Royal Institute of Technology. Namun sayang, karena ia merasa ilmu yang didapat hanya berkutat seputar teori saja Daniel pun memutuskan keluar dari kuliahnya.

Ia lalu membuat program dan menjual hak patennya ke beberapa perusahaan. Sukses dengan programnya, ia mendapat bayaran hingga US$ 1 juta.

Di usianya yang masih 23 tahun, Daniel menggunakan uang tersebut untuk bersenang-senang. Ia membeli apartemen dan mobil mewah di Swedia. Tapi sayang, hal tersebut hanya tidak bisa membuatnya berkecukupan.

"Dulu, saya hanya ingin terlihat keren," tutur Daniel seperti dilansir Business Insider, Rabu (21/6/2017)

Gamang dan bingung dengan kehidupannya, Daniel akhirnya melego mobil mewahnya dan pindah ke rumah yang lebih dekat dengan orang tuanya. Hari-harinya diisi dengan meditasi sembari sesekali bermain gitar.

Tak disangka, dari sanalah muncul ide untuk mendirikan bisnis yang menggabungkan teknologi dan musik. Demi mewujudkan keinginannya ini, ia juga berkenalan dengan Martin Lorentzon yang kemudian menjadi partnernya di Spotify.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun Spotify

Dalam membangun Spotify, Daniel dan Martin melalui begitu banyak tantangan. Salah satu yang terberat adalah mencoba meyakinkan label musik bahwa model bisnis yang dijalankannya bisa menguntungkan.

"Ini ide hebat, aku waktu itu yakin pasti berhasil," kata Daniel.

Di tahun 2008, Spotify pertama kali diluncurkan di negara Skandinavia, Prancis dan Inggris. Butuh waktu tiga tahun setelahnya Spotify baru bisa masuk ke Amerika Serikat.

Perusahaan ini sekarang memiliki lebih dari 32 juta pelanggan berbayar di seluruh dunia. Kini layanan Spotify juga hadir di 60 negara di dunia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.