Sukses

Langsung Bokek Pasca Lebaran? Ini 5 Trik Jitu Hadapinya

beberapa permasalahan keuangan yang kerap muncul adalah kurangnya keuangan akibat pengeluaran bulanan yang cenderung meningkat

Liputan6.com, Jakarta - Sehabis puasa dan Idul Fitri, beberapa masalah keuangan yang kerap muncul adalah kurangnya keuangan akibat pengeluaran bulanan yang cenderung meningkat.

Diskon besar-besaran dan juga berbagai promo menarik di pusat perbelanjaan sering membuat orang akhirnya tidak mengatur pengeluarannya dengan bijak. Ketidakdisiplinan lah yang menjadi penyebab utama mengapa sampai terjadi defisit saat Lebaran dan hari-hari selanjutnya.

Ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk menanggulangi hal ini. Akan tetapi, cara-cara ini tentu harus dilakukan dengan kedisiplinan serta sikap mawas diri yang besar terhadap keuangan.

Berikut lima cara yang bisa Anda lakukan untuk menutupi kekurangan dana pasca Lebaran seperti dilansir dari amittenfullofsavings.com, Rabu (28/6/2017).

1. Hitung kembali kebutuhan
Dengan sisa uang yang Anda miliki saat ini, coba kalkulasi kembali kebutuhan apa saja yang Anda butuhkan sampai hari gajian tiba. Setelahnya golongkan kebutuhan menjadi bagian yang penting dan tidak. Cara ini bisa membantu Anda mengetahui apa saja kebutuhan yang benar-benar Anda butuhkan.

2. Buat rincian anggaran
Selanjutnya, Anda bisa membuat rincian anggaran dari daftar kebutuhan yang sudah Anda buat. Tekan pengeluaran seminimal mungkin. Tahan diri Anda untuk mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Berhutang

3. Jangan berhutang
Tahan juga diri Anda untuk tidak mencari tambahan pemasukan lewat berhutang. Hal ini bisa berarti menggunakan kartu kredit untuk berbelanja beberapa barang kebutuhan. Selain akan memperburuk kondisi finansial, Anda pun akan kesulitan untuk membayar hutang apabila sudah membengkak nanti.

4. Potong kebutuhan yang tidak perlu
Anda juga harus memotong kebutuhan yang tidak terlalu penting. Fokuskan untuk memenuhi kebutuhan utama terlebih dahulu sampai benar-benar tuntas.

5. Pakai dana darurat
Jika benar-benar membutuhkan uang, gunakanlah dana darurat yang Anda simpan saat ini. Dana darurat bisa digunakan untuk membayar kebutuhan yang sekiranya mendesak. Tapi ingat, jangan habiskan semua dana simpanan Anda ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.