Sukses

Jangan Tertipu Diskon, Ini Barang yang Anda Butuhkan saat Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan yang selalu terjadi di Indonesia sekitar satu pekan sebelum Lebaran, pusat perbelanjaan selalu penuh dengan manusia. Betul-betul penuh. Pernah beberapa tahun lalu, iseng saya datang ke sebuah mal di pinggir Jakarta sekitar dua hari sebelum Lebaran, saya betul-betul susah bergerak.

Ya, mungkin secara bawah sadar, hari raya menjadi alasan untuk orang datang ke berbagai pusat perbelanjaan dan menghabiskan uangn. Alasannya sih sederhana, belanja Lebaran.

Menariknya, kalau dilihat, barang-barang yang dibeli oleh mereka yang datang ke pusat perbelanjaan menjelang Lebaran seperti ini seringkali bukan barang-barang yang ada hubungannya dengan Lebaran. Terus kok dibeli? Ya karena barang itu di-sale alias diskon.

Memang, tiap menjelang Lebaran, hampir semua merek ternama dan toko-toko mengadakan program sale alias diskon. Angkanya malah seringkali gila-gilaan. Ya, saat seperti sekarang memang saat-saat emas bagi pedagang untuk menangguk pendapatan yang sangat besar.

Dari sisi pembeli, tentunya saya tidak sarankan juga ke Anda untuk membeli di luar apa yang Anda butuhkan, apalagi sampai terlalu banyak.

Lalu, apa yang sebenarnya butuh untuk Anda beli saat menjelang Lebaran seperti sekarang?

Berikut ini beberapa barang yang benar-benar dibutuhkan:

1. Baju Lebaran

Kalau Anda merasa bahwa baju-baju lama Anda sudah tidak ada yang layak dipakai saat acara Halalbihalal, maka baju Lebaran adalah hal yang mutlak harus Anda beli saat menjelang Lebaran seperti sekarang, seperti Baju Koko untuk pria atau Kaftan untuk wanita, tentunya plus macam-macam jilbab atau kerudung.

Mengingat banyaknya acara Halalbihalal yang mungkin akan Anda datangi, maka yang harus Anda perhatikan tentunya adalah seperti apa rasa nyaman ketika Anda memakai baju Lebaran tersebut.

Indonesia adalah negara tropis, dan pergi berkunjung ke berbagai rumah dalam sehari dengan baju muslim yang serba tertutup membuat seseorang bisa cepat kepanasan kalau bahan bajunya tidak nyaman.

Jadi untuk baju Lebaran, mahal tidak apa, yang penting nyaman dan enak dipakai karena itu akan menemani hari Lebaran Anda sehari penuh.

2. Perangkat salat

Hal kedua yang betul-betul butuh untuk dibeli adalah perlengkapan salat. Kalau Anda merasa perlengkapan salat Anda sepertinya sudah terlalu lama dan kualitasnya sudah berkurang, atau Anda merasa ingin ada penyegaran, maka tidak ada salahnya Anda pertimbangkan untuk membeli sarung, peci, sajadah atau mukena baru. Plus tambahan seperti tasbih atau Kitab Suci Al-Qur’an juga tidak ada salahnya.

Hal yang harus Anda perhatikan juga adalah bahwa beda dengan baju Lebaran, perangkat salat ini tidak hanya akan Anda pakai saat Lebaran, tapi bisa jadi sampai beberapa tahun ke depan. Jadi tidak apa-apa keluar uang yang lebih banyak asalkan memang berkualitas.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan

3. Makanan atau bahan makanan

Nah ini penting. Anda bisa mempersiapkan diri untuk membeli bahan untuk makanan Lebaran seperti rendang, ketupat, atau semacam itu. Jangan lupa, selain bahan untuk makanan Lebaran, Anda bisa juga membeli makanan jadi seperti kue-kue Lebaran.

Contohnya seperti kastengel, nastar, putri salju dan sebagainya. Ketika membeli bahan makanan, pastikan Anda memang akan mengolahnya dan tidak hanya membeli hanya karena lapar mata.

Begitu juga dengan kue Lebaran, pastikan bahwa kue-kue itu memang disukai dan pasti ada yang memakannya sehingga kue itu tidak mubazir karena tidak ada yang makan.

4. Perlengkapan traveling

Kalau Anda mudik sebelum Lebaran atau memutuskan untuk pergi jalan-jalan keluar kota setelah Lebaran, maka bisa jadi Anda juga membutuhkan perlengkapan traveling. Barang-barang seperti koper, kantung packing baju, sepatu atau sandal khusus jalan-jalan, itu adalah barang-barang yang mungkin memang Anda perlukan.

Jangan lupa bahwa saat menjelang Lebaran seperti sekarang, toko-toko perlengkapan traveling mengadakan banyak program diskon atau berbagai promo menarik yang bisa jadi menguntungkan buat Anda.

Nah, itulah dia empat hal yang bisa jadi Anda butuhkan untuk Anda beli saat menjelang Lebaran seperti sekarang. Hindari membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan untuk Lebaran, apalagi hanya karena ada embel-embel ‘Diskon Ramadan’ atau ‘Diskon Lebaran’.

 

Safir Senduk & Rekan
Telepon: (021) 2783-0610
HP: 0818-770-500 (Dala Rizfie-Manajer)
Twitter/Instagram: @SafirSenduk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.