Sukses

Di Paris Air Show, AirAsia Pesan 14 Pesawat Airbus A320ceo

Liputan6.com, Jakarta AirAsia telah menandatangani kontrak dengan Airbus untuk pemesanan 14 unit pesawat A320ceo tambahan untuk mendukung pertumbuhan jangka pendek dalam jaringan regional yang tumbuh lebih tinggi dari yang diharapkan sebelumnya. Penandatanganan kontrak tersebut diumumkan dalam acara Paris Air Show.

Pengumuman penandatanganan kontrak hari ini telah menambah jumlah pesanan AirAsia untuk pesawat jenis A320 menjadi 592 unit, dan mengokohkan posisi AirAsia sebagai pelanggan terbesar untuk jenis pesawat berlorong tunggal (single-aisle) tersebut.

Sampai hari ini, terdapat 171 pesawat jenis A320ceo dan delapan jenis A320neo yang telah diterima dan dioperasikan AirAsia di Indonesia, Thailand, Malaysia, India, dan Filipina.

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes, mengatakan, sampai saat ini permintaan penumpang masih tinggi di negara-negara tempat AirAsia berkembang, sementara itu performa AirAsia di Indonesia, Filipina, dan India juga sangat baik,

"Tingkat permintaan yang kuat inilah yang kemudian mendorong kami harus menambah jumlah armada, dan Airbus sebagai mitra andalan telah membantu kami mendapatkan slot pesawat tambahan tersebut," kata Tony dalam keterangannya, Jumat (23/6/2017).

Dengan alasan itulah, AirAsia harus berupaya untuk mendapatkan lebih banyak pesawat dari berbagai sumber, termasuk dari pasar leasing pesawat.

Iklim kompetisi saat ini, ditegaskan Tony, berada pada kondisi terbaik, terutama didukung kestabilan harga minyak. Dengan rendahnya biaya saat ini, AirAsia kembali menunjukkan pertumbuhan yang agresif.

Sementara itu Chief Operating Officer - Customer, Airbus Commerial Aircraft, John Leahy mengatakan, pihaknya mengaku senang dengan pengumuman pesanan terbaru dari AirAsia ini.

"Kami bangga dengan peran pesawat A320 Family dalam kesuksesan AirAsia, terutama efisiensi dan keandalannya yang memungkinkan maskapai menjaga biaya serendah mungkin. Kami menantikan kerja sama dengan AirAsia seiring perjalanannya menerbangkan penumpang lebih banyak lagi, lebih sering, dengan biaya yang terjangkau," tambahnya.

A320 Family adalah jenis pesawat berlorong tunggal (single-aisle) dengan penjualan terbaik di dunia. Sampai hari ini jenis pesawat ini telah berhasil membukukan lebih dari 13 ribu pesanan, dengan lebih dari 7.600 pesawat telah terkirim ke sekitar 400 pelanggan dan operator dari seluruh dunia.

Dengan empat jenis ukuran pesawat (A318, A319, A320, dan A321), A320 Family dapat menampung 100 hingga 240 penumpang dalam satu pesawat. Standar jarak antar kursi kelas ekonomi pada jenis pesawat ini, sebesar 18 inci, juga merupakan yang terlonggar untuk tipe pesawat berlorong tunggal. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.