Sukses

Ingin Segera Mulai Bisnis Online? Intip 15 Ide Ini Dulu

Liputan6.com, Jakarta - Dengan teknologi saat ini, Anda bisa memulai dan menjalankan bisnis online dengan sedikit atau tanpa biaya. Dengan berfokus pada keterampilan, Anda dapat membangun daftar klien dan memulai bisnis berbasis online. Berikut 15 ide bisnis yang mungkin bisa Anda jalankan seperti dikutip dari Laruno.com, seperti ditulis Minggu (25/6/2017).

1. Konsultan SEO

Tahukah Anda seluk beluk mesin pencari dan memiliki keahlian dalam platform seperti Google Analytics? Pemilik dari banyak perusahaan kecil tidak menyadari betapa banyak dampak optimalkan mesin pencari (SEO) terhadap bisnis mereka.

Mendidik pemilik bisnis tersebut dengan kekuatan SEO untuk membantu mengubah situs web mereka menjadi properti yang lebih ramah SEO.

Gunakan keahlian Anda untuk menunjukkan kepada pemilik bisnis bagaimana membaca dan menggunakan data analytics mereka dengan cara yang benar, dan bagaimana cara menggunakan kata kunci dan konten struktur dengan benar untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

2. Konsultan Bisnis

Jika Anda memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan bisnis, mengapa tidak menciptakan bisnis yang membantu calon pengusaha sukses? Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk membantu pemilik bisnis baru memulai bisnis dengan baik dan membantu pengusaha berpengalaman mengikuti permintaan.

Untuk memamerkan pengetahuan dan keterampilan Anda dan mendatangkan klien, Anda juga bisa menulis artikel tentang bisnis di platform seperti LinkedIn.

3. Buka Usaha Ritel Lewat Online

Untuk semuanya, entah itu membuat perabot rumah boneka atau menciptakan makanan anjing organik. Dengan toko e-commerce khusus, Anda bisa menjangkau pelanggan yang mencari produk spesifik Anda.

Yang Anda butuhkan hanyalah layanan web-hosting dengan fitur keranjang belanja terpadu atau dengan perangkat lunak e-commerce, dan bisnis Anda akan beroperasi dalam waktu singkat.

Anda bahkan dapat bekerja sama dengan vendor untuk mengirimkan produk ke pelanggan atas nama Anda, yang berarti Anda tidak perlu memiliki banyak inventaris.

4. Konsultan Media Sosial

Perusahaan yang lebih besar dapat menyewa agen atau anggota staf penuh waktu untuk menjalankan akun Facebook dan Twitter mereka. Namun usaha kecil sering kali harus menangani pemasaran media sosial mereka sendiri.

Dengan begitu banyak tanggung jawab, pemilik bisnis kerap terlalu sibuk, kewalahan, atau kurang berpendidikan tentang pentingnya media sosial meluangkan waktu untuk mengembangkan dan menerapkan strategi media sosial yang hebat.

Sebagai konsultan, Anda dapat membantu mereka menentukan taktik terbaik, mengeposkan jadwal dan konten untuk target pemirsa mereka. Seiring bertambahnya jumlah pengikut mereka, begitu juga bisnis Anda.

5. Desain Web

Jika Anda tahu HTML dan memiliki kemampuan desain, Anda dapat meluncurkan layanan untuk membuat situs web yang menarik dan mudah digunakan untuk bisnis kecil.

Letakkan keterampilan Anda untuk dimanfaatkan dengan baik bagi pemilik bisnis yang ingin membawa kehadiran online mereka ke tingkat berikutnya. Bangun portofolio yang komprehensif, lalu buat situs web Anda sendiri untuk memamerkan dan menarik banyak klien.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Freelancer


6. Bantu pencari kerja

Ini adalah kebenaran yang sulit ditelan, namun resume dan surat lamaran yang jelas bisa membuat perbedaan ketika Anda melamar pekerjaan. Sementara daftar prestasi karier mungkin tampak seperti tugas yang mudah, seni "membungkam sederhana" menghindari beberapa dari kita. Temukan pekerjaan dengan membantu orang lain untuk dipekerjakan dengan bantuan resume bintang. Memanfaatkan media pemasaran merek sosial yang semakin penting dan menawarkan untuk memperbaiki profil LinkedIn juga.

7. Asisten Atau Task Manager

Apakah Anda memiliki kemampuan berorganisasi yang sempurna? Bagaimana dengan keterampilan membersihkan? Bisakah Anda dengan cepat dan efisien menjalankan tugas ini? Mungkin sudah waktunya untuk mengutamakan keterampilan tersebut dengan menjadi asisten pribadi atau task manager online.

Perusahaan seperti TaskRabbit atau Zirtual memungkinkan Anda untuk mendaftar tugas yang ingin Anda selesaikan - termasuk penelitian data, asisten virtual atau tugas yang sedang berjalan dan mulai membangun klien.

8. Tawarkan Freelancer

Kini semakin banyak perusahaan memilih pekerja kontrak paruh waktu. Ini untuk mengisi dan membantu pekerjaan di perusahaan tersebut.

Bergantung pada keahlian Anda, Anda bisa bekerja untuk beberapa perusahaan di berbagai bidang yang menawarkan fleksibilitas dan perubahan kecepatan yang menyegarkan. Menurut situs freelance job listing Freelancer.com, layanan teknologi, pembuatan konten dan desain web adalah bidang yang populer untuk pekerjaan kontrak.

9. Pemasaran Afiliasi

 Jika Anda adalah orang yang suka meninggalkan ulasan pelanggan di situs seperti Amazon, berhentilah melakukannya secara gratis. Periklanan dari mulut ke mulut masih merupakan faktor utama yang sangat besar bagi banyak perusahaan, dan banyak bisnis bersedia membagikan sebagian dari keuntungan mereka dengan individu persuasif yang akan mempromosikan produk mereka ke publik.

Jika Anda memiliki situs web pribadi dengan pengikut besar, ini mungkin lebih mudah dilakukan (perwakilan PR selalu mencari advokat merek yang bisa mereka kirimi sampel gratisan). Smart Passive Income memecah tiga jenis pemasaran afiliasi dan menjelaskan mana yang paling menguntungkan.

10. Dukungan teknis

Jika Anda memiliki pengalaman bekerja pada komputer dan jaringan, Anda dapat menghilangkan kebutuhan mereka untuk meminta bantuan dan menawarkan bantuan teknis langsung jarak jauh.

3 dari 3 halaman

Jual Kerajinan Tangan


11. Toko Konsinyasi Virtual

Pemburu harga murah dan penggemar toko barang bekas bisa mengubah keuntungan bagus yang dijual kembali dari pakaian vintage mereka.

Buat diri Anda sendiri dengan membuat situs web independen sebagai etalase virtual Anda, namun gunakan layanan terkelola seperti Google Checkout untuk menangani transaksi.

Gambar beresolusi tinggi dan salinan menarik untuk produk Anda akan membuat Anda menonjol di lautan pengguna internet yang mencoba menjual barang bekas mereka.

12. Menjual Kerajinan Buatan Tangan

Situs seperti Etsy dan ArtFire adalah platform yang membuatnya sangat mudah bagi perajin yang dapat menghasilkan persediaan barang buatan tangan yang berkualitas, seperti selimut kaitan dan barang kaca yang dilukis unik.

Biaya mulai usaha itu sangat rendah jika Anda membeli bahan Anda secara massal dari pemasok kerajinan, dan jika Anda dapat mengubah pesanan dengan cepat, Anda akan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Bahkan mungkin mengubah toko Anda menjadi pertunjukan penuh waktu.

13. Pengembangan Aplikasi

Aplikasi mobile lebih populer dari sebelumnya, dan orang-orang bersedia membayar uang baik untuk cara mengelola kehidupan mereka dari smartphone mereka.

Jika Anda memiliki ide bagus dan kebetulan tahu coding, Anda dapat mencarinya dan membuat aplikasi Anda sendiri. Jika Anda hanya memiliki ide dan tidak tahu seluk-beluk bagaimana mengubahnya menjadi kenyataan, ada banyak pengembang perangkat lunak yang ingin berkolaborasi dengan orang-orang dalam pembuatan aplikasi.

14. Blogger

Jika Anda memiliki gagasan dan kata-kata yang meledak di dalam diri Anda, kemungkinan besar Anda akan berpikir untuk memulai sebuah blog.

Dengan kebebasan untuk menciptakan tulisan dan gaya platform Anda sesuai keinginan Anda, Anda dapat benar-benar mempersonalisasi pengalaman blogging Anda dan menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Semakin besar penonton, semakin tinggi kesempatan Anda menciptakan bisnis yang sukses.

15. Industri Pernikahan

Pernikahan sedang booming, dan dengan segala tekanan dan tekanan yang menumpuk pada setiap pasangan selama pertunangan mereka, hampir tidak mungkin calon pengantin untuk menikmati perencanaan pernikahan mereka. Namun, jika Anda memiliki bakat untuk berorganisasi dan hasrat untuk pernikahan, Anda bisa memulai karier Anda sendiri sebagai concierge pengantin, berurusan dengan detail pernikahan yang tidak biasa sehingga pengantin wanita tidak perlu melakukannya.

Berikut adalah 15 ide bisnis yang bisa Anda jalankan. Semoga bermanfaat..

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik www.laruno.com
Baca Juga : Hal Kecil ini Mengantarkan Para Pembisnis Menuju Kesuksesan Disini


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.