Sukses

Tinjau Tol Cipali, Menhub Pastikan Puncak Arus Mudik Terkendali

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melakukan tinjauan ke tol Cipali pada H-2 lebaran, tepatnya pintu keluar tol Brebes Timur atau yang dikenal dengan Brexit, hingga ke jalan darurat Gringsing, Batang. Hasilnya, kondisi arus lalu lintas di sepanjang jalur tersebut, cukup lancar dan terkendali.‎

"Saya sudah ke Cipali, Brexit, hingga ke jalan darurat Gringsing, Batang bersama Kapolri dan Menteri PUPR. Kondisi arus lalu lintas di jalur tersebut, khususnya di Brexit sendiri, cukup kondusif dan lancar," jelas Budi Karya ‎dalam keterangannya, Sabtu (24/6/2017).

Bersama Kapolri Tito Karnavian dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Budi Karya menggunakan helikopter dari Halim menuju Brebes. Mendarat di Brebes, rombongan melanjutkan perjalanan lewat darat menuju Pintu tol Brebes Timur (Brexit), hingga ke jalan darurat Gringsing, Batang.

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik tahun 2017 terjadi pada hari Kamis 26 Juni 2017 (H-3) dan Jumat, 27 Juni 2017 (H-2). Sejak hari Kamis, terjadi peningkatan arus kendaraan di sejumlah ruas jalan tol maupun non tol.

Namun demikian, sampai kemarin malam tidak ada kemacetan yang mengakibatkan arus lalu lintas stuck atau tidak bergerak seperti kejadian brexit tahun lalu.

"Saya apresiasi Korlantas yang berhasil mengendalikan arus lalu lintas kendaraan. Tidak ada yang stuck. Saya dapat info dari teman yang mudik, hari ini Jakarta - Yogyakarta bisa ditempuh 12 jam. Itu cukup baik," ungkap Budi.

"Memang ada kemacetan di Cikarang Utama. Tapi saya mendengar, masyarakat sudah cerdik untuk beralih keluar ke Pantura lalu masuk kembali (ke tol) setelah melewati Cikarang," tambah Mantan Dirut Angkasa Pura II itu.

Menhub juga mengapresiasi Kementerian PUPR yang telah membangun jalan darurat dari Brebes sampai ke Weleri. Jalur tersebut efektif untuk mengurai kemacetan.

"Sebagian pemudik dengan kedaraan memilih melewati jalur darurat atau jalan darurat tersebut. Alasannya, kalau keluar lewat pantura banyak motor jadi lebih memilih lewat sini. Tapi saya minta pengendara untuk tetap ekstra hati-hati melewati jalan tersebut," imbuhnya.

Budi mengatakan, bahwa secara umum koordinasi yang dilakukan antar stakeholder berjalan baik dan kompak.

"Harapan Presiden untuk melakukan koordinasi lebih baik dan kompak, serta tidak ego sektoral, hari ini bisa kita wujudkan," tambahnya‎. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini