Sukses

Ingin Jadi Rekan Kerja Favorit? Ikuti 7 Langkah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Rekan kerja yang baik menyuntikkan kesenangan dan energi positif dalam hari kerja kita. Mereka bekerja dengan kita untuk mencapai tujuan umum dan merupakan sebuah bagian besar dari alasan, mengapa kita berharap untuk menonjol dalam pekerjaan. Menstimulasi rekan kerja membuat tim, dan lebih luasnya, perusahaan menjadi lebih kuat.

Kebahagiaan dalam pekerjaan menciptakan korelasi langsung dengan kinerja kita. Lingkungan kerja yang dinamis menghasilkan ide-ide segar dan sudut pandang untuk terobosan kreatif. Akan tetapi, orang-oranglah dan bukan ruangnya yang menentukan. Setiap orang memiliki bagian untuk berperan dalam mendefinisikan budaya dan lingkungan kerja perusahaan.

Apa yang membuat seseorang menjadi rekan kerja favorit? Berikut adalah 7 kualitas rekan kerja favorit semua orang, seperti dikutip dari Jobstreet, Senin (26/6/2017):

1. Terbuka

Bersikap menerima sudut pandang yang berbeda dan kritik membangun merupakan sebuah kualitas penting yang meningkatkan kerja tim dan produktivitas. Hal ini tidak berarti Anda harus setuju akan segala hal dan menjadi seorang yang gampangan.

Hal ini berarti menghormati opini yang berbeda, dan memiliki kerendahan hati untuk menerima kritik membangun akan kinerja Anda. Anda tidak harus setuju dengan hal tersebut. Akan tetapi, review dari rekan Anda dapat menjadi suatu cara yang hebat untuk berkembang dan tumbuh.

2. Fleksibel

Kemampuan beradaptasi akan perubahan adalah kunci untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, khususnya untuk lingkungan kerja kreatif dan industri kompetitif.

Lebih dari sebelumnya, sekarang ini menyesuaikan diri dengan laju perkembangan teknologi yang cepat – cara kita hidup, bekerja, dan bermain telah sepenuhnya bertransformasi, dan berlanjut untuk berevolusi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam beberapa tahun ke depan, mobil-mobil tanpa pengemudi dan drone delivery akan menjadi penampakan sehari-hari, dan siapa tahu ada yang lainnya lagi.

3. Akuntabilitas

Akuntabilitas—pengakuan akan kinerja dan tanggung jawab Anda – mengatakan pada anggota tim, mereka bisa mengandalkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan ketika Anda menyanggupi untuk menyelesaikannya.

Hal ini menunjukkan integritas dan kepercayaan ketika Anda membuat diri Anda sendiri dapat diandalkan untuk memenuhi batas akhir dan standar penyampaian, khususnya ketika Anda melakukan kesalahan dan fokus kepada gambaran besarnya dari pada membuat alasan untuk menutupi kesalahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif

4. Inisiatif

Inisiatif mengatakan banyak hal tentang karakter seseorang. Cepat bertindak saat Anda melihat anggota tim Anda berjuang dengan suatu tugas atau hanya sekadar memberi ide segar dan masukan yang membangun tanpa diminta akan memberikan Anda nilai tambah di depan tim Anda. Setiap orang menghargai seorang anggota tim yang selalu menolong.

5. Pemain tim

Tunjukkan bagaimana Anda adalah seorang bintang pemain tim, dengan tetap fokus pada pekerjaan dan memprioritaskan tujuan perusahaan. Jangan teralihkan oleh politik kantor dan berpihak pada satu sisi. Hal ini bukanlah tujuan Anda digaji. Teman tim Anda akan lebih menghormati Anda karena hal ini dan mengapresiasi profesionalisme Anda.

6. Empati

Tunjukkan empati untuk rekan kerja Anda saat mereka menghadapi masalah pribadi maupun masalah pekerjaan, yang membuat perbedaan besar yang mungkin tidak Anda sadari.

Hanya fakta sederhana, seseorang peduli terhadap apa yang sedang Anda alami membuat Anda merasa dihargai dan entah bagaimana hal ini dapat mengurangi stres Anda. Empati juga membantu membentuk ikatan antara dua pihak, memupuk kepercayaan yang lebih besar dan rasa saling hormat.

7. Pemecah masalah

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana cara orang-orang dengan sendirinya mulai menunjukkan jari mereka ketika ada masalah? Reaksi defensif ini benar-benar tidak berguna dalam memecahkan masalah dan tidak produktif dalam berbagai cara.

Penting untuk mengidentifikasi penyebab masalah untuk mencegah adanya kekambuhan, tetapi prioritas sebaiknya ada pada memecahkan masalah dan mengendalikan kerugian daripada menyalahkan dan mempermalukan seseorang.

Wow, dengan adanya anggota tim Anda, ditambah dengan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah, Anda akan dengan instan menjadi orang favorit yang akan selalu didatangi.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.