Sukses

Tips Sukses Buka Bisnis Kuliner

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendengung-dengungkan generasi muda untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha. Alasannya, Indonesia kekurangan Wirausahawan.

Jumlah entrepreneur di Indonesia baru di angka 3,1 persen dari total jumlah penduduk. Angka ini tentu saja sangat rendah dibandingkan dengan beberapa negara lain seperti Malaysia yang ada di level 5 persen, China hingga 10 persen, Singapura mencapai 7 persen dan Jepang yang sebanyak 11 persen.

Nah, salah satu bisnis yang bisa dijalankan di Indonesia adalah bisnis kuliner. Alasannya, orang Indonesia gemar jajan. Selain itu juga bisnis kuliner memiliki margin keuntungan yang cukup besar.

Menurut CEO sekaligus pendiri Fox Restaurant Concepts, Sam Fox, seperti dikutip dari laman Business Insider, Senin (26/6/2016), bisnis kuliner sangat menyenangkan lantaran tak hanya dapat membuat orang bahagia, para pemiliknya juga dapat mencicipi berbaga cita rasa makanan baru.

Namun memang tak semua orang dapat mendirikan restoran dan sukses. Anda harus terlebih dulu sering bersentuhan dengan dapur. Berikut tiga hal yang harus dikuasai para pengusaha yang ingin mencoba bisnis kuliner:

Pernah bekerja di dapur

Jika Anda tak pernah bekerja di dapur sebuah restoran, maka bekerjalah di sana sebelum Anda memulai bisnis kuliner. Anda harus bekerja di dapur dan membuat dapur layaknya sebagai rumah Anda.

Punya modal cukup

Bisnis makanan selalu berkaitan dengan inovasi rasa baru yang tak bisa diselesaikan hanya dalam waktu satu atau dua bulan. Pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk melihat perkembangan restoran dari pembukaan hingga enam bulan pertama.

Tak cukup sampai di situ, pengembangan sajian makanan juga perlu diperhatikan dari enam bulan pertama hingga satu tahun. Hal ini sangat penting mengingat bisnis makanan terpusat pada selera para pelanggan.

Punya pengetahuan bisnis dan makanan

Pastikan Anda juga memiliki pengetahuan yang cukup baik dari segi bisnis maupun segi restoran. Di zaman sekarang ini, sangat sulit menemukan orang yang memiliki keahlian ganda, antara makanan dan bisnis.

Memiliki bisnis restoran sangat menarik mengingat makanan yang lezat selalu dapat membuat orang merasa ceria mencicipinya.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.