Sukses

Ingin Sukses Magang? Ikuti Cara Ini

Berikut adalah cara untuk bisa meningkatkan diri dengan baik dan berhasil dalam magang.

Liputan6.com, Jakarta - Pekerjaan magang dapat menjadi menakutkan, sulit, dan benar-benar mengerikan. Anda harus mengikuti segala ritme dalam sebuah kantor baik itu kebiasaan yang baik atau kebiasaan yang kadang menyusahkan.

Menjadi pekerja magang bisa ikut rapat hingga berlarut-larut malam atau bisa juga hanya sekedar mengantarkan surat ke bagian lain. 

Namun perlu diketahui, akan selalu ada ruang untuk peningkatan. Berikut adalah cara untuk bisa meningkatkan diri dengan baik dan berhasil dalam magang, seperti dikutip dari Jobstreet, Selasa (27/6/2017):

Perlakukan pekerjaan magang seperti pekerjaan sungguhan

Jika Anda ingin dianggap serius, maka Anda harus menganggap pekerjaan magang ini dengan serius. Anda perlu ingat bahwa pekerjaan Anda akan mempunyai dampak untuk organisasi tersebut. Tunjukkan pada pimpinan Anda bahwa Anda antusias dan termotivasi bekerja untuk mereka.

Datanglah tepat waktu di pagi hari, datang untuk rapat sebelum dimulai, dan menyelesaikan pekerjaan sebelum batas akhirnya. Hal ini juga termasuk berpenampilan baik. Jika Anda berpenampilan seperti Anda akan pergi kuliah maka Anda menunjukkan bahwa Anda tidak menganggap pekerjaan ini dengan serius.

Amati bagaimana cara yang lainnya bertingkah laku, dan contoh. Detil-detil ini mungkin terlihat sepele, tetapi hal ini akan membantu Anda untuk tampil menonjol daripada pekerja magang lainnya.

Lakukan semua tugas dengan baik

Terima semua tugas tanpa keluhan, minta pekerjaan lainnya ketika tugas-tugas sebelumnya sudah selesai, dan buatlah kualitas kerja yang bagus.

Dengarkan instruksi yang diberikan dengan baik dan minta klarifikasi. Manfaatkan waktu untuk melakukan suatu pekerjaan yang bagus. Tunjukkan bahwa Anda memperhatikan detil-detil dengan mengikuti instruksi dan mempedulikan kualitas.

Berikan segala yang Anda lakukan dalam pekerjaan ini dengan 101 persen kemampuan Anda dan tidak kurang dari itu. Baik jika tugas tersebut biasa saja atau berat, lakukan dengan kemauan tanpa henti dan tekad untuk lebih.

Walaupun Anda hanyalah seorang pekerja magang, pekerjaan Anda akan tetap berdampak untuk perusahaan, jadi pastikan bahwa pekerjaan Anda bagus.

Carilah masukan

Jika Anda mendapatkan masukan dari supervisor Anda, maka indahkanlah masukan tersebut. Jika hal ini tidak datang dengan sendirinya, maka carilah! Tidak merugikan untuk bertanya pada bos Anda tentang kinerja Anda, apa yang Anda dapat lakukan untuk meningkat, dan sebagainya. Tujuan dari pekerjaan magang ini adalah untuk belajar dan mendapatkan sebanyak mungkin yang Anda bisa.

Meminta masukan tidak hanya membantu Anda meningkatkan pekerjaan Anda, akan tetapi Anda juga menunjukkan bahwa Anda ingin untuk maju di bidang Anda. Hal ini juga akan membantu Anda menemukan kelebihan dan kelemahan Anda, jadi Anda bisa mengatasinya sebelum Anda pergi.

Hindari penggunaan media sosial

Jangan gunakan situs jejaring sosial atau bertukar pesan dengan teman selama jam kerja. Kecuali jika pekerjaan Anda melibatkan penggunaan sosial media, hindari sosial media dan fokus pada pekerjaan Anda. Anda berada di sana untuk belajar dan mendapatkan pengalaman berharga, jadi manfaatkan waktu yang Anda punya dan curahkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal baru dan mengembangkan kemampuan-kemampuan Anda.

Jika pekerjaan Anda telah selesai, dan tidak ada lagi yang bisa Anda kerjakan, mintalah pekerjaan lainnya atau membaca literatur perusahaan dan atau jurnal-jurnal profesional.

Ingatlah, akun sosial media Anda tidak akan hilang akan tetapi kesempatan Anda untuk belajar dan tumbuh berkembang akan melayang ketika Anda sedang mengunggah status baru Anda.

Bertemanlah

Karena Anda akan memperlakukan pekerjaan ini seperti sebuah pekerjaan tetap, Anda akan ingin untuk meluangkan waktu mengenal kolega dan bos Anda. Buatlah inisiatif untuk memperkenalkan diri Anda sendiri dan tunjukkan sebuah sikap positif dan ramah kepada siapapun yang Anda jumpai, dari mulai tukang bersih-bersih hingga pada para CEO.

Cobalah berinteraksi dengan masing-masing orang dan rasakan apa yang mereka lakukan.

Melanjutkan hubungan yang Anda telah bangun setelah masa magang berakhir. Anda bisa tetap terhubung dengan teman-teman baru Anda dalam media sosial atau email.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.