Sukses

Chen Shu-chu, Penjual Sayur yang Donasikan Sebagian Hartanya

Liputan6.com, Jakarta Keterbatasan bukan halangan untuk selalu bisa berbuat baik. Hal inilah yang dilakukan seorang wanita sederhana yang berprofesi sebagai penjual sayur di Taiwan, Chen Shu-chu.

Meski memiliki gaya dan hidup dengan kondisi seadanya, wanita justru mendonasikan sebagian besar hartanya untuk amal.

Melansir BBC, Rabu (28/6/2017), uang sebanyak US$ 350 ribu atau setara Rp 4,6 miliar telah didonasikan untuk keperluan sosial. Semua uangnya itu dia peroleh dari hasil berjualan sayur.

Meski terdengar tak biasa, hal ini ternyata benar-benar bisa ia lakukan. Keinginan besar Chen untuk membantu orang lain berawal saat ia masih berusia muda.

Saat masih kecil, kedua orangtuanya meninggal. Tak lama seusai itu, saudara laki-lakinya juga tutup usia lantaran tak sanggup membayar biaya pengobatan. Tapi, bukannya marah, semua pengalaman tersebut justru membuka mata wanita ini. Chen kemudian bertekad besar untuk membantu orang.

(BBC.com)

Setiap harinya, Chen hanya menghabiskan US$ 3 sehari untuk dirinya sendiri. Perlahan namun pasti, dia berhasil mengumpulkan uang dalam jumlah besar untuk didonasikan ke yang membutuhkan.

"Saya selalu merasa senang setelah mendonasikan uang saya. Uang hanya akan berguna ketika kita memberikannya kepada orang yang membutuhkan," dia menuturkan.

Uang yang dikumpulkan Chen, ia sumbangkan ke beberapa lembaga sosial. Ia juga memberi sumbangan dalam jumlah besar untuk rumah sakit dan sekolah di daerahnya.

Akibat kisah hidupnya yang inspiratif, Chen pun mendapat penghargaan atas kerja kerasnya. Dia terpilih sebagai salah satu Time 100 untuk tahun 2010 dalam kategori Pahlawan.

Ia juga merupakan salah satu dari 48 pahlawan Filantropi yang dianugerahkan oleh majalah Forbes Asia.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.