Sukses

Ingin Beli Asuransi, Perhatikan Hal Berikut

Asuransi adalah produk keuangan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai pemahaman yang salah tentang sebuah produk asuransi bisa membuat Anda menerima sejumlah manfaat yang tidak maksimal. Artinya, Anda membeli sebuah produk asuransi yang tidak sesuai dan tidak tepat.

Asuransi adalah produk keuangan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah keuangan. Dengan adanya asuransi, Anda bisa meringankan beban keuangan bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk itu coba hindari melakukan kesalahan ketika membeli produk asuransi. Ini agar berbagai macam bentuk kerugian di masa yang akan datang bisa teratasi.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika saat membeli asuransi, seperti mengutip Laruno.com:

1. Tidak berkonsultasi terlebih dulu

Berkonsultasi terlebih dulu kepada ahlinya sebelum membeli asuransi. Ada baiknya, ahli asuransi tersebut juga membuatkan ilustrasi skema-skema asuransi yang direkomendasikan agar Anda memiliki gambaran dan tidak salah memilih.

Saat ini ada berbagai macam produk asuransi mulai dari pendidikan, kesehatan, jiwa dan lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Tidak mencermati  buku polis asuransi

Usai polis asuransi Anda terima, biasanya akan diberikan kesempatan untuk mempelajari buku polis tersebut. Di sini Anda harus lebih cermat dalam membaca dan segera menanyakan segala hal yang masih membingungkan untuk menghindari hal yang merugikan.

3. Tidak diketahui keluarga

Jangan membeli asuransi tanpa sepengetahuan keluarga. Sebab hal ini bisa saja membuat mereka tidak menggunakan manfaat dari asuransi tersebut jika sewaktu-waktu sesuatu terjadi pada diri Anda.

Hal ini sering terjadi pada orang tua yang membelikan asuransi untuk anaknya.

Premi mahal

4. Membeli asuransi dengan premi yang mahal

Pemahaman yang kurang terhadap produk asuransi dan juga berbagai fitur di dalamnya bisa membuat Anda akan kehilangan sejumlah uang yang cukup besar.

Misalnya, jika Anda memilih dan membeli sebuah produk asuransi dengan harga mahal, padahal di perusahaan asuransi lainnya, produk yang sama dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

5. Membeli asuransi karena terpaksa

Ketika seorang teman, saudara, atau kerabat menawarkan sesuatu, seringkali Anda tidak kuasa untuk menolaknya.

Hal serupa juga sering terjadi dalam pembelian produk asuransi, di mana Anda terpaksa membeli produk yang ditawarkan mereka, sementara sebenarnya tidak terlalu membutuhkannya.

Hindari hal seperti itu. Ada banyak kasus di mana orang tua membeli produk asuransi untuk anak-anak mereka, namun orang tua tersebut justru tidak memberitahukan kepada anak-anaknya.

Hal seperti ini sangat berisiko, terutama jika ternyata di kemudian hari si anak tidak mendapatkan seluruh haknya atas asuransi tersebut dengan baik dan utuh.

Pemahaman Anda yang kurang terhadap produk asuransi jangan sampai menimbulkan sejumlah kerugian di masa mendatang. Jangan mengambil risiko tersebut, oleh karena itu, perbanyak lah ilmu dan informasi sebelum memilih produk asuransi. Semoga bermanfaat..

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Laruno.com