Sukses

AP II Fokus Perbaiki Landas Pacu Bandara Halim Tahun Ini

Penambahan ketebalan di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma akan memakan waktu sekitar 7-8 bulan.

Liputan6.com, Jakarta Manajemen PT Angkasa Pura II (AP II) berencana menambah ketebalan aspal (overlay) landas pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Penambahan ketebalan ini akan dilakukan mulai awal semester II tahun ini.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penambahan ketebalan ini akan memakan waktu sekitar 7-8 bulan.

"Program pemeliharaan, jadi memang fokus tahun ini di Halim adalah dilakukan overlay untuk runway. Mudah-mudahan awal semester II proses overlay runway berjalan kurang lebih 7-8 bulan," kata dia di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Rabu (28/6/2017).

Dia menuturkan, overlay tersebut tak akan mengganggu operasional bandara. Pasalnya, overlay dikerjakan bukan saat jam operasional.

"Di window time memang cukup pendek, itulah kenapa butuh waktu panjang, karena window time terbatas. 23.00 WIB ke atas sampai jam 03.00 WIB," ujar dia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo mengatakan, penambahan ketebalan aspal dilakukan lantaran runway Bandara Halim Perdanakusuma bergelombang. Itu terasa saat pesawat lepas landas.

"Saya sudah mendapat informasi dari Pak Dirut AP II, bahwa kalau naik pesawat dari Halim yang paling terasa apanya, kalau di pesawat mau take off terasa agak bergelombang landasannya. Ini sudah diprogramkan untuk dilakukan overlay," ujar dia.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.